Masyarakat Tidak Selamanya Harus Bergantung Pada Bahan Kimia
Cari Berita

Advertisement

Masyarakat Tidak Selamanya Harus Bergantung Pada Bahan Kimia

Mas'udi
4 Agu 2017

Indikatormalang.com- Masyarakat membutuhkan alternatif baru saat pupuk mengalami kelangkaan salah satunya dengan pestisida nabati daun pepaya seperti yang dilakukan oleh Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), di Desa Mentaraman, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang (04/08/2017).  Meski pestisida nabati sudah lama ditemukan akan tetapi banyak masyarakat belum menggunakan bahan tersebut, karena kebanyakan masih belum paham cara pembuatannya.  "Kegiatan penyuluhan pestisida nabati daun pepaya ini diadakan untuk memberikan edukasi yang mudah dilakukan dan juga sebagai solusi alternatif dari pupuk kimia yang biasanya digunakan oleh para Petani" Ungkap Anisa Anggota Divisi Sosial dan Ekonomi KKN UMM Kelompok 134.  Rangkaian penyuluhan tersebut adalah rangkaian dari program KKN UMM Kelompok 134, penyuluhan tersebut bentuk pelatihan dan praktek langsung terhadap masyarakat guna masyarakat cepat memahami cara pembuatannya.  Kegiatan tersebut diharapkan dapat menekan biaya pengeluaran petani karena, dengan pestisida nabati tesebut selain dapat diproduksi sendiri juga mengguanakan bahan-ahan yang murah.  Masyarakat Desa Mentaraman menyambut baik adanya penyuluhan tersebut dan berharap bisa dilakukan berkelanjutan.  "Alhamdulillah, matur nuwun. Tanggapan saya di coba saja, nanti kalau seumpama Pestisida Nabati Daun Pepaya ini berhasil, lebih baik saya pakai Pestisida ini daripada saya harus beli Pestisida Kimia yang mahal-mahal" tutur Lasirun (70) Warga Desa Mentaraman.  Reporter :Titin Eka Editor: Mas'ud
Pembuatan Pestisida daun pepaya oleh Mahasiswa KKN UMM / Foto: Iwan Khusni

Indikatormalang.com- Masyarakat membutuhkan alternatif baru, tidak harus bergantung pada bahan-bahan kimia salah satunya dengan pestisida nabati daun pepaya seperti yang dilakukan oleh Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), di Desa Mentaraman, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang (04/08/2017).

Meski pestisida nabati sudah lama ditemukan akan tetapi banyak masyarakat belum menggunakan bahan tersebut, karena kebanyakan masih belum paham cara pembuatannya.

"Kegiatan penyuluhan pestisida nabati daun pepaya ini diadakan untuk memberikan edukasi yang mudah dilakukan dan juga sebagai solusi alternatif dari pestisida kimia yang biasanya digunakan oleh para petani" ungkap Anisa Anggota Divisi Sosial dan Ekonomi KKN UMM Kelompok 134.

Rangkaian penyuluhan tersebut adalah program KKN UMM Kelompok 134, penyuluhan tersebut bentuk pelatihan dan praktek langsung terhadap masyarakat guna masyarakat cepat memahami cara pembuatannya.

Kegiatan tersebut diharapkan dapat menekan biaya pengeluaran petani karena, dengan pestisida nabati selain dapat diproduksi sendiri juga menggunakan bahan-bahan yang murah.

Masyarakat Desa Mentaraman menyambut baik adanya penyuluhan tersebut dan berharap bisa dilakukan berkelanjutan.

"Alhamdulillah, matur nuwun. Tanggapan saya dicoba saja, nanti kalau seumpama pestisida nabati daun pepaya ini berhasil, lebih baik saya pakai pestisida ini daripada saya harus beli pestisida kimia yang mahal-mahal" tutur Lasirun (70) Warga Desa Mentaraman.

Reporter :Titin Eka
Editor: Mas'udi