KKN 37 UMM Adakan Pelatihan Hasil Olah Pangan Untuk Mewujudkan Desa Mandiri
Cari Berita

Advertisement

KKN 37 UMM Adakan Pelatihan Hasil Olah Pangan Untuk Mewujudkan Desa Mandiri

Mas'udi
12 Agu 2017

Indikatormalang.com- Mewujudkan desa mandiri dapat dilakukan dengan pengembangan potensi yang ada di Desa, Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) 37 Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) adakan pelatihan untuk Ibu-Ibu PKK Desa Duwet Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang, (12/08/2017).  Dengan tema “Menggali Potensi Lokal Menuju Desa Mandiri dan Percepatan Ekonomi” bertujuan untuk melatih Ibu-Ibu PKK agar dapat mengembangkan potensi-potensi yang ada di desa Duwet, sehingga dapat menciptakan peluang usaha.  Sri Winarsih STP., MP Dosen Ilmu Teknologi Pangan UMM hadir sebagai pemateri dalam pelatihan tersebut, Sri Winarsih menyampaikan pentingnya menggali potensi yang ada disekitar dan pemanfaatannya.  “Mengembangkan potensi lokal perlu dilakukan untuk menciptakan peluang usaha, sehingga tidak perlu membeli produk dari pihak luar, bahkan kita yang seharusnya memproduksi dan menjualnya,” jelas Sri Winarsih.  Kegiatan tersebut tidak hanya dalam bentk penyampaian materi akan tetapi dilanjutkan dengan praktek langsung mulai dari pengolahan tomat menjadi saos, pembuatan nugget sayur, dan yang terakhir, Pembuatan telur asin secara mudah dengan waktu yang singkat (10 hari).  “Program-program seperti ini dapat melatih ibu-ibu untuk memulai usaha sendiri,” tutur Titik Kholada Wilah selaku Ketua PKK Desa Duwet  “Produk yang bagus tidaklah cukup, perlu adanya pengemasan yang menarik, dan pemasaran yang tepat, semoga program ini dapat mendorong perekonomian Desa Duwet” tambahnya.  Reporter: Lukma Nike Editor: Mas'udi
Sri Winarsih saat mengisi materi pelatihan pengelolaan pangan  untuk Ibu-Ibu PKK Desa Duwet Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang, (12/08/2017). /Foto: Lukma Nike
Indikatormalang.com- Mewujudkan desa mandiri dapat dilakukan dengan pengembangan potensi yang ada di Desa, Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) 37 Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) adakan pelatihan untuk Ibu-Ibu PKK Desa Duwet Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang, (12/08/2017).

Dengan tema “Menggali Potensi Lokal Menuju Desa Mandiri dan Percepatan Ekonomi” bertujuan untuk melatih Ibu-Ibu PKK agar dapat mengembangkan potensi-potensi yang ada di Desa Duwet, sehingga dapat menciptakan peluang usaha.

Sri Winarsih STP., MP Dosen Ilmu Teknologi Pangan UMM hadir sebagai pemateri dalam pelatihan tersebut, Sri Winarsih menyampaikan pentingnya menggali potensi yang ada disekitar dan pemanfaatannya.

“Mengembangkan potensi lokal perlu dilakukan untuk menciptakan peluang usaha sehingga tidak perlu membeli produk dari pihak luar, bahkan kita yang seharusnya memproduksi dan menjualnya,” jelas Sri Winarsih.

Kegiatan tersebut tidak hanya dalam bentk penyampaian materi akan tetapi dilanjutkan dengan praktek langsung mulai dari pengolahan tomat menjadi saos, pembuatan nugget sayur dan yang terakhir, Pembuatan telur asin secara mudah dengan waktu yang singkat (10 hari).

“Program-program seperti ini dapat melatih ibu-ibu untuk memulai usaha sendiri,” tutur Titik Kholada Wilah selaku Ketua PKK Desa Duwet

“Produk yang bagus tidaklah cukup, perlu adanya pengemasan yang menarik dan pemasaran yang tepat, semoga program ini dapat mendorong perekonomian Desa Duwet” tambahnya.

Pewarta: Lukma Nike
Editor: Mas'udi