"Sibura" Harapan Baru Masyarakat Putat Lor
Cari Berita

Advertisement

"Sibura" Harapan Baru Masyarakat Putat Lor

Mas'udi
10 Agu 2017

Indikatormalang.com- Prekonomian masyarakat harus terus digenjot demi tercapainya kesejahteraan. Kuliah Kerja Nyata (KKN) 143 Universitas Muhammadiyah Malang adakan pelatihan pembuatan sirup berbahan baku tebu yang diberi label “SIBURA” di balai Desa Putat Lor Kecamatan Gondanglegi Kabupaten Malang (10/08/2017).  Sibura sendiri merupakan kepanjangan dari sirup tebu rasa yang memiliki 4 varian rasa yaitu, rasa Jahe, Lemon, Pandan, dan Vanila.  Workshop dengan tema “Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Desa Putat Lor, Melalui Pelatihan Pembuatan Sirup Tebu “SIBURA” dihadiri oleh seluruh anggota Ibu-Ibu PKK warga Putar Lor egiatan ini bertujuan untuk membentuk jiwa wirausaha masyarakat.  Hj. Qurotul Kiptia selaku ketua PKK berharap dari kegiatan tersebut dapat menambah kreatifitas para iburumah tangga.  "Diharapkan kedepannya Ibu-Ibu PKK bisa memanfaatkan hasil dari workshop sirup tebu ini, minimal mereka bisa membuat sendiri untuk keluarga apalagi bisa membuat produk sirup tebu yang bisa dipasarkan” harap Hj. Qurotul Kipta (10/08/2017).  Tebu merupakan komoditas utama yang dihasilkan oleh masyarakat desa Putat Lor. Namun hasil panen meraka hanya disetorkan ke pabrik gula terdekat. Dengan adanya pelatihan ini diharapkan kepada warga desa Putat Lor bisa mengolahnya secara mandiri dan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.   “Terima kasih kepada teman-teman KKN UMM. Kami sangat senang sekali karena kami menjadi lebih tau tentang adanya pengolahan tebu yang dijadikan sirup” ujar Alfi salah satu peserta workshop tersebut.  Reporter: Mustaqim Editor: Mas'udi
Pelaksanaan Workshop Pelatihan Pembuatan Jus "Sibura" / Foto: Mustaqim
Indikatormalang.com- Prekonomian masyarakat harus terus digenjot demi tercapainya kesejahteraan. Kuliah Kerja Nyata (KKN) 143 Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) adakan pelatihan pembuatan sirup berbahan baku tebu yang diberi label “SIBURA” di balai Desa Putat Lor Kecamatan Gondanglegi Kabupaten Malang (10/08/2017).

Sibura sendiri merupakan kepanjangan dari sirup tebu rasa yang memiliki 4 varian rasa yaitu, rasa Jahe, Lemon, Pandan, dan Vanila.

Workshop dengan tema “Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Desa Putat Lor, Melalui Pelatihan Pembuatan Sirup Tebu “SIBURA” dihadiri oleh seluruh anggota Ibu-Ibu PKK warga Putar Lor kegiatan ini bertujuan untuk membentuk jiwa wirausaha masyarakat.

Hj. Qurotul Kiptia selaku ketua PKK berharap dari kegiatan tersebut dapat menambah kreatifitas para ibu rumah tangga.

"Diharapkan kedepannya Ibu-Ibu PKK bisa memanfaatkan hasil dari workshop sirup tebu ini, minimal mereka bisa membuat sendiri untuk keluarga apalagi bisa membuat produk sirup tebu yang bisa dipasarkan” harap Hj. Qurotul Kipta (10/08/2017).

Tebu merupakan komoditas utama yang dihasilkan oleh masyarakat Desa Putat Lor namun hasil panen meraka hanya disetorkan ke pabrik gula terdekat.

Dengan adanya pelatihan ini diharapkan kepada warga Desa Putat Lor bisa mengolahnya secara mandiri dan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

 “Terima kasih kepada teman-teman KKN UMM. Kami sangat senang sekali karena kami menjadi lebih tau tentang adanya pengolahan tebu yang dijadikan sirup” ujar Alfi salah satu peserta workshop tersebut.

Pewarta: Mustaqim
Editor: Mas'udi