Mendagri Resmi Buka Rapat Kerja Nasional Apeksi XII
Cari Berita

Advertisement

Mendagri Resmi Buka Rapat Kerja Nasional Apeksi XII

20 Jul 2017

Indikatormalang.com - Rapat Kerja Nasional Apeksi XII tahun 2017 dibuka secara resmi oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Rabu (19/7).  Selain peserta Rakernas nampak juga hadir dalam acara pembukaan tersebut sejumlah tamu undangan seperti Gubernur Jawa Timur Soekarwo dan Pimpinan KPK Basarah Panjaitan. Dalam pembukaan Rakernas dengan peserta seluruh wali kota se Indonesia itu juga selain dibuka Mendagri juga dihadiri langsung hingga.  “Tugas seorang wali kota dalam pemerintah daerah tidaklah mudah, karena banyak aspek yang harus dikerjakan dengan tujuan utama adalah percepatan pembangunan” ucap Tjahyo Kumolo dalam sambutan pembukaannya.  “Kepala Daerah dalam hal ini wali kota, harus memiliki imajinasi. Dari situlah lahir konsepsi, dari konsepsi lahir keberanian untuk mengeksekusi dengan tujuan percepatan pembangunan” Tambah Tjahjo Kumolo.  Dijelaskan pula struktur pemerintahan daerah tidak saja terdiri atas gubernur, wali kota dan bupati saja, namun di dalamnya termasuk TNI, Polri hingga mitra strategis yakni Dewan Pimpinan Rakyat Daerah (DPRD), karenanya dalam menjalankan pembangunan wali kota harus merangkul berbagai kalangan tersebut.  Mendagri meminta kepada para wali kota  dalam proses mengambil kebijakan harus memahami area rawan korupsi. Mendagri mengitkan para kepala daerah untuk berhati-hati “Sudah banyak contoh bagaimana KPK masuk melakukan OTT di berbagai daerah,” tukasnya.  Sementara Gubernur Jawa Timur, Soekarwo, dalam sambutannya menekankan pentingnya menjaga kondusifitas daerah baik dari organisasi yang tidak sesuai dengan asas Pancasila dan UUD 1945 dan berbagai ancaman yang mampu menggoyahkan nilai kebersamaan lainnya.  “Secara umum di Jawa Timur saat ini kondisinya sangat aman dan nyaman, meskipun kita sebentar lagi akan menghadapi Pilkada di 18 kota/kabupaten dan di provinsi Jawa Timur sendiri,” ujar Soekarwo.
Dari Kiri Ke Kanan Wali Kota Malang, Ketua KPK, Mendagri, Gubenur Jawa Timur, dan Ketua Apeksi / Foto: Humas Pemkot malang

Indikatormalang.com - Rapat Kerja Nasional Apeksi XII tahun 2017 dibuka secara resmi oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Rabu (19/7/17).

Selain peserta Rakernas nampak juga hadir dalam acara pembukaan tersebut sejumlah tamu undangan seperti Gubernur Jawa Timur Soekarwo dan Pimpinan KPK Basarah Panjaitan.

“Tugas seorang wali kota dalam pemerintah daerah tidaklah mudah, karena banyak aspek yang harus dikerjakan dengan tujuan utama adalah percepatan pembangunan” ucap Tjahyo Kumolo dalam sambutan pembukaannya.

“Kepala Daerah dalam hal ini wali kota, harus memiliki imajinasi. Dari situlah lahir konsepsi, dari konsepsi lahir keberanian untuk mengeksekusi dengan tujuan percepatan pembangunan” Tambah Tjahjo Kumolo. 

Mendagri meminta kepada para wali kota dalam proses mengambil kebijakan harus memahami area rawan korupsi. Mendagri mengitkan para kepala daerah untuk berhati-hati.

“Sudah banyak contoh bagaimana KPK masuk melakukan OTT di berbagai daerah,” tukasnya.

Sementara Gubernur Jawa Timur, Soekarwo, dalam sambutannya menekankan pentingnya menjaga kondusifitas daerah baik dari organisasi yang tidak sesuai dengan asas Pancasila dan UUD 1945 dan berbagai ancaman yang mampu menggoyahkan nilai kebersamaan lainnya.

“Secara umum di Jawa Timur saat ini kondisinya sangat aman dan nyaman, meskipun kita sebentar lagi akan menghadapi Pilkada di 18 kota/kabupaten dan di provinsi Jawa Timur sendiri,” ujar Soekarwo.