Kota Batu Kekurangan Tenaga Guru PNS
Cari Berita

Advertisement

Kota Batu Kekurangan Tenaga Guru PNS

Mas'udi
19 Jul 2017

Indikatormalang.com - Pemerintah Kota Batu terus berbenah dalam meningkatkan mutu pendidikan salah satunya adalah dengan upaya pemerataan tenaga pengajar di semua jenjang pendidikan di Kota Batu.  Jumlah tenaga guru PNS di SD negeri, SD swasta ataupun yang sederajat saat ini ada 1.073. Sementara total guru yang berstatus PNSuntuk semua jenjang pendidikan ada 2.829 guru, namun jumlah tersebut masih belum bisa menutupi kekurang  tenaga pengajar di 130 sekolah.  Solusi sementara yang dilakukan pleh pemerintah kota Batu, setiap sekolah diperbolehkan merekrut tenaga pendidik tidak tetap.  “Setiap sekolah boleh membuka pendaftaran guru tidak tetap, ini untuk mengatasi kekurangan guru dan kami akan terus melakukan pendataan untuk dapat melakukan pemerataan guru tersebut”, tutur Mistin selaku Kepala Dinas Pendidikan Kota Batu, Rabu (19/7/2017).  “Jumlah guru pasti mempengaruhi kualitas pendidikan. Makanya, Dindik menunjang dari sisi lainnya, seperti sarana dan prasarana,” tambah Mistin.  Kabid Tenaga Pendidik dan Kependidikan Dindik Kota Batu, Abdul Rais juga menyampaikan bahwa akan ada rotasi guru, hal tersebut dilakukan untuk memenuhi kekurangan guru di sejumlah sekolah yang ada di Kota Batu.  “Ini untuk pemerataan, dan ,meningkatkan kualitas siswa,” jelas Rais, (19/07/2017).
Mistin, Kepala Dinas Pendidikan Kota Batu / Foto: Dispendik Kota Batu

Indikatormalang.com - Pemerintah Kota Batu terus berbenah dalam meningkatkan mutu pendidikan salah satunya adalah dengan upaya pemerataan tenaga pengajar di semua jenjang pendidikan di Kota Batu.

Jumlah tenaga guru PNS di SD negeri, SD swasta ataupun yang sederajat saat ini ada 1.073. Sementara total guru yang berstatus PNSuntuk semua jenjang pendidikan ada 2.829 guru, namun jumlah tersebut masih belum bisa menutupi kekurang  tenaga pengajar di 130 sekolah.

Solusi sementara yang dilakukan pleh pemerintah kota Batu, setiap sekolah diperbolehkan merekrut tenaga pendidik tidak tetap.

“Setiap sekolah boleh membuka pendaftaran guru tidak tetap, ini untuk mengatasi kekurangan guru dan kami akan terus melakukan pendataan untuk dapat melakukan pemerataan guru tersebut”, tutur Mistin selaku Kepala Dinas Pendidikan Kota Batu, Rabu (19/7/2017).

“Jumlah guru pasti mempengaruhi kualitas pendidikan. Makanya, Dindik menunjang dari sisi lainnya, seperti sarana dan prasarana,” tambah Mistin.

Kabid Tenaga Pendidik dan Kependidikan Dindik Kota Batu, Abdul Rais juga menyampaikan bahwa akan ada rotasi guru, hal tersebut dilakukan untuk memenuhi kekurangan guru di sejumlah sekolah yang ada di Kota Batu.

“Ini untuk pemerataan, dan ,meningkatkan kualitas siswa,” jelas Rais, (19/07/2017).