Benarkah Pecinta Kopi Pahit Cenderung Psikopat?
Cari Berita

Advertisement

Benarkah Pecinta Kopi Pahit Cenderung Psikopat?

27 Jul 2017

Indikatormalang.com – Adakah minuman berhubungan dengan sifat kecenderungan seseorang?. Pertanyaan itu tentu sangat menarik untuk kita bicarakan. Jika itu benar, maka dengan mudahnya kita akan bisa menebak sifat seseorang dari minumannya bukan?. Mungkin sederhananya Kecenderungan kepribadian seseorang mungkin bisa dilihat dari pilihannya pada minuman.   Sebuah studi terbaru, menunjukkan orang yang menyukai kopi hitam dan pahit cenderung memiliki kepribadian psikopat. Temuan tersebut berdasarkan survei yang dilakukan oleh tim dari Universitas Inssbruck Austria terhadap 1.000 orang dewasa seputar pilihan rasa. Dalam sesi survei, para responden juga mengikuti empat tes kepribadian untuk mengetahui apakah mereka memiliki karateristik kepribadian machiavelianism seperti narsisme, psikopat, sadisme, dan agresif. Hasilnya,  ditemukan adanya hubungan antara kopi hitam dan rasa pahit lainnya dengan tipe kepribadian psikopat atau sadistik dalam diri seseorang. Sementara, orang yang lebih menyukai kopi manis atau dicampur susu, serta minuman manis lainnya, secara umum punya tipe kepribadian "menyenangkan" seperti simpati, bekerja sama, dan baik.  Bahkan hasil penelitian ini juga menemukan kaitan paling dekat antara makanan pahit seperti lobak dan air tonik, dengan "sadisme sehari-hari" atau kenikmatan melihat kesakitan tingkat moderat pada orang lain.  Ciri umum yang melekat pada orang psikopat biasanya memiliki tingkat kepercayaan diri dan kecerdasan di atas rata-rata. Namun, mereka minim empati. Mereka cenderung memanipulasi orang lain. Meski begitu, penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Appetite ini menyebutkan bahwa "pahit" adalah istilah yang subjektif dan mungkin pengertiannya sangat terbatas dalam studi tersebut. Para peneliti itu juga tidak yakin dengan  apa yang menyebabkan kaitan antara pilihan rasa pahit dengan tipe kepribadian "tidak menyenangkan" tersebut.
Ilustrasi / Gambar: Moostahel
Indikatormalang.com – Adakah minuman berhubungan dengan sifat kecenderungan seseorang?. Pertanyaan itu tentu sangat menarik untuk kita bicarakan. Jika itu benar, maka dengan mudahnya kita akan bisa menebak sifat seseorang dari minumannya bukan?. Mungkin sederhananya Kecenderungan kepribadian seseorang mungkin bisa dilihat dari pilihannya pada minuman.

Sebuah studi terbaru, menunjukkan orang yang menyukai kopi hitam dan pahit cenderung memiliki kepribadian psikopat. Temuan tersebut berdasarkan survei yang dilakukan oleh tim dari Universitas Inssbruck Austria terhadap 1.000 orang dewasa seputar pilihan rasa.

Dalam sesi survei, para responden juga mengikuti empat tes kepribadian untuk mengetahui apakah mereka memiliki karateristik kepribadian machiavelianism seperti narsisme, psikopat, sadisme, dan agresif.

Hasilnya, ditemukan adanya hubungan antara kopi hitam dan rasa pahit lainnya dengan tipe kepribadian psikopat atau sadistik dalam diri seseorang. Sementara, orang yang lebih menyukai kopi manis atau dicampur susu, serta minuman manis lainnya, secara umum punya tipe kepribadian "menyenangkan" seperti simpati, bekerja sama, dan baik.

Bahkan hasil penelitian ini juga menemukan kaitan paling dekat antara makanan pahit seperti lobak dan air tonik, dengan "sadisme sehari-hari" atau kenikmatan melihat kesakitan tingkat moderat pada orang lain.

Ciri umum yang melekat pada orang psikopat biasanya memiliki tingkat kepercayaan diri dan kecerdasan di atas rata-rata. Namun, mereka minim empati. Mereka cenderung memanipulasi orang lain.

Meski begitu, penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Appetite ini menyebutkan bahwa "pahit" adalah istilah yang subjektif dan mungkin pengertiannya sangat terbatas dalam studi tersebut. Para peneliti itu juga tidak yakin dengan apa yang menyebabkan kaitan antara pilihan rasa pahit dengan tipe kepribadian "tidak menyenangkan" tersebut.