Perbedaan Mendidik Anak di Era Modern dan Zaman Dulu
Cari Berita

Advertisement

Perbedaan Mendidik Anak di Era Modern dan Zaman Dulu

6 Jun 2017


Orang tua adalah orang yang membesarkan anaknya dengan penuh tanggung jawab serta membimbing anaknya dalam bentuk memberikan nafkah dan mengarahkan anaknya agar anak tersebut mempunyai akhlak yang mulia.

Setiap orang tua juga memiliki karakter yang berbeda-beda sehingga anak tersebut juga memiliki karakter berbeda juga dengan anak lain, pengaruh orang tua dalam membimbing anaknya sangat berpengaruh karena setiap anak yang baru lahir bagaikan kertas yang putih karakter dan tergantung pada orang tuanya apakah orang tuanya akan mengarahkan anaknya pada kebaikan atau keburukan karena waktu yang dimiliki anak lebih banyak bersama orang tua sehingga perilaku orang tua ditiru oleh anak.

Sekolah merupakan pendidikan kedua setelah keluarga, sekolah merupakan pendidikan yang penting bagi anak-anak karena sekolah nantinya akan membentuk sikap karakter siswa serta membantu membantu siswa mengemvangkan minat dan bakatnya, namun orang tua memiliki pengaruh besar terhadap perkembangan dan pertumbuhan anak tersebut.

Dalam membentuk karakter anak orang tua berpengaruh penting dalam hal tersebut. Jika jaman dulu orang tua memiliki waktu yang cukup dalam berinteraksi dengan anak, namun orang tua modern justru mementingkan pekerjaannya daripada berinteraksi dengan anaknya. Tidak hanya disibukkan oleh pekerjaannya namun masalah sosial lah yang menjadikan orang tua jarang untuk berinteraksi dengan anak. Berkembangnya teknologi yang semakin canggih terutama pada hal gadget orang tua lebih sering mengabadikan momen-momen yang tidak penting atau sekedar hanya berdiri dan mengabadikan perkembangan anak, orang tua juga hanya disibukkan melihat-lihat postingan tidak penting dalam dunia maya.

Seharusnya orang tua lebih memperhatikan tumbuh kembang anak tersebut. Padahal pada jaman dulu orang tua jarang mengabadikan momen yang dimilikinya sehingga orang tua memiliki banyak waktu dalam berinteraksi pada anaknya.

Cara orang tua mengasuh anak pada zaman modern dan zaman dulu sangan berbeda, ketika zaman dulu anak menangis orang tua selalu menayangkan apa sebabnya namun orang tua zaman midern justru memberikan gadget agar ana tersebut berhenti menangis, namun ha itu juga menghambat pertumbuhan anak, anak akan semakin kecanduan bermain gadget dibandingkan bermain dengan teman-temannya. Padahal ketika anak berada dibawah umur 2 tahun disaranka jangan mengenalkan permain game di gadget karena kini game gadget bukan hanya game untuk anak kecil tapi kini banyak game untuk orang dewasa, sehingga orang tua harus mengawasi anak tersebut tapi pada masa modern ketika orang tua sibuk terhadap pekerjaan tanpa adanmya pengawasan anak-anak dapat memainkan game yang belum sesuai umurnya, bukankah hal itu berbahaya bagi buah hati?

Pada zaman dulu orang tua sangat detail dalam mengawasi perkembangan anaknya serta mengajari nilai-nilai keagamaan serta kehidupan, cara mengajar sopan santun kepada orang yang lebih tua serra saling menghargai satu sama lain, namun orang tua pada zaman modern justru melimpahka tanggung jawab orang tua di sekolah.

Setiap hari anak hanya menghabiskan waktu di sekolah hal itu juga tidak baik untuk perkembangan anak karen anak juga membutuhkan motivasi dan perhatian dari orang tua. Apakah orang tua dapat memastikan anaknya menjadi anak yang berpribadian baik dengan semua tanggung jawab yang diberikan guru? Pada zaman dulu orang tua memberikan apa yang anak butuhkan bukan apa yang anak inginkan, dengan perkembangan zaman modern orang tua yang terus ingin praktis tidak ingin direpotkan karena teknologi yang memudahkan pekerjaan, tidak seperti zaman dulu orang tua mengantarkan anaknya ke sekolah dan mencium tangan orang tua namun pada zaman sekarang orang tua kini memanjakan anaknya dengan membelikan motor pada anaknya yang masih dibawah umur untuk pergi ke sekolah dan orang tua tidak mau repot mengatarkan.

Bukankah hal itu dapat mengancam nyawa anaknya sendiri? Dengan demikian orang tua modern harus benar-benar memahami apa yang dibutuhkan oleh anak bukan, serta orang tua modern juga harus memperhatikan pertumbuhan anak. Di era modern cara mendidik anak pun berbeda pada zama dulu tanpa disadari hal sekecil apapun yang dilakukan orang tua nantinya akan ditiru oleh anak maka orang tua juga harus hati-hati mendidik anak, jika dalam keluarga tersebut sudah mendidik anak dengan hal yang buruk hal itu akan berdampak negatif pada anak tersebut. Bukan berarti dalam masa modern cara orang tua mendidik anak salah, tidak ! Namun ada kalanya orang tua selalu mengontrol serta memberikan perhatian dan dukukngan pada anak. Sehingga anak berkepribadian baik. Kini tergantung orang tua apakah ingin mendidik anaknya dengan cara zaman dulu dan menjadi orang tua kuno di masa modern ?

Penulis : Dian Purnama (Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Malang)