Tidak Benar Kartu Identitas Anak Sebagai Persyaratan Masuk Sekolah di Kota Malang
Cari Berita

Advertisement

Tidak Benar Kartu Identitas Anak Sebagai Persyaratan Masuk Sekolah di Kota Malang

6 Mei 2017

Indikatormalang.com - Dalam beberapa minggu ini beredar sebuah informasi dalam media sosial tentang syarat pendaftaran sekolah di kota Malang.  Dalam berita tersebut dijelaskan bahwa salah saru syarat pendaftaran sekolah harus melampirkan Kartu Identitas Anak (KIA). Masih menurut berita tersebut, persyaratan tersebut diperlukan untuk pendaftaran jenjang TK dan SD.  Menyikapi berita tersebut, pihak Dinas Kependududkan dan Pencatatan Sipil Kota Malang mengeluarkan surat edaran nomor 470/766/35.73.308/2017 tentang Pemanfaatan Kartu Identitas Anak.  Dalam bunyi surat edaran tersebut menjelaskan mengenai Peraturan menteri Dalam Negeri RI nomor 2 Tahun 2016 tentang Kartu Identitas Anak, pada Bab II Pasal 2 disebutkan tujuan diterbitkannya KIA adalah : Peningkatan pendataan anak, Perlindungan dan pelayanan publik, serta memberikan perlindungan dan pemenuhan hak konstitusional warga Negara.  Adapun bagi orang tua yang ingin mengajukan permohonan KIA bagi anaknya, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Malang membuka loket pelayanan KIA dengan persyaratan sebagai berikut: FC Akta kelahiran (dengan menunjukkan aslinya)FC KK dan KTP orang tua (dengan menunjukkan aslinya)Pas Photo 3×4 (2 lembar) untuk usia 5 s.d 17 tahun kurang 1 hari.  Dengan beredarnya surat tersebut, menegaskan bahwa berita yang beredar selama ini mengenai KIA sebagai salah satu persyaratan adalah tidak benar.  Sementara, berdasarkan surat edaran dari Dinas Pendidikan Kota Malang, salah satu persyaratan pendaftaran sekolah adalah Akta Kelahiran bukan KIA.
Kartu Identitas Anak yang diluncurkan Oleh Pemkot Bandung / Foto : Kompasian




Indikatormalang.com - Dalam beberapa minggu ini beredar sebuah informasi dalam media sosial tentang syarat pendaftaran sekolah di kota Malang.

Dalam berita tersebut dijelaskan bahwa salah saru syarat pendaftaran sekolah harus melampirkan Kartu Identitas Anak (KIA). Masih menurut berita tersebut, persyaratan tersebut diperlukan untuk pendaftaran jenjang TK dan SD.

Menyikapi berita tersebut, pihak Dinas Kependududkan dan Pencatatan Sipil Kota Malang mengeluarkan surat edaran nomor 470/766/35.73.308/2017 tentang Pemanfaatan Kartu Identitas Anak.

Dalam bunyi surat edaran tersebut menjelaskan mengenai Peraturan menteri Dalam Negeri RI nomor 2 Tahun 2016 tentang Kartu Identitas Anak, pada Bab II Pasal 2 disebutkan tujuan diterbitkannya KIA adalah : Peningkatan pendataan anak, Perlindungan dan pelayanan publik, serta memberikan perlindungan dan pemenuhan hak konstitusional warga Negara.

Adapun bagi orang tua yang ingin mengajukan permohonan KIA bagi anaknya, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Malang membuka loket pelayanan KIA dengan persyaratan sebagai berikut: FC Akta kelahiran (dengan menunjukkan aslinya)FC KK dan KTP orang tua (dengan menunjukkan aslinya)Pas Photo 3×4 (2 lembar) untuk usia 5 s.d 17 tahun kurang 1 hari.

Dengan beredarnya surat tersebut, menegaskan bahwa berita yang beredar selama ini mengenai KIA sebagai salah satu persyaratan adalah tidak benar.  Sementara, berdasarkan surat edaran dari Dinas Pendidikan Kota Malang, salah satu persyaratan pendaftaran sekolah adalah Akta Kelahiran bukan KIA.