Mobil Nabrak Motor, Kok Mobilnya yang Remuk? Ini Jawabannya
Cari Berita

Advertisement

Mobil Nabrak Motor, Kok Mobilnya yang Remuk? Ini Jawabannya

27 Apr 2017

Indikatormalaang.com - Perhatikan gambar di atas. Bingung kan? Kok bisa? Apa mungkin? Pertanyaan itu pasti akan selalu mengglayuti pikiran kita. Apakah kualitas mobilnya sangat buruk atau kualitas motornya yang kuat?.  Pertanyaan itu dapat dijawab dengan pendekatan metode ilmu fisika, ini jawabannya.  Bagian depan atau belakang mobil, dalam beberapa tahun belakangan memang sengaja bagian-bagian tersebut dibuat gampang hancur waktu terjadi benturan keras.  Istilahnya Crumple Zone (zona benturan), yaitu sebuah zona pada bagian kendaraan yang didesain buat menyerap energi kinetik waktu kecelakaan.  Tujuannya supaya kabin penumpang tidak ikut rusak, sehingga memberikan peluang lebih besar kepada penumpang maupun pengemudi untuk selamat.  Berdasarkan hukum Isaac Newton,  sebuah benda bergerak akan tetap bergerak dengan kecepatan yang sama dan arah yang sama kecuali ditindaklanjuti oleh kekuatan yang tidak seimbang.  Jadi, kalo pembaca melihat gambar mobil ringsek atau kejadian seperti digambar, dimana bagian depannya penyok gara-gara nabrak benda yang ukurannya lebih kecil, itu berarti crumple zonenya berjalan dengan baik, bukan karena kualitas mobilnya yang buru.
Ilustrasi  / Foto : Isimewa
Indikatormalaang.com - Perhatikan gambar di atas. Bingung kan? Kok bisa? Apa mungkin? Pertanyaan itu pasti akan selalu mengglayuti pikiran kita.

Apakah kualitas mobilnya sangat buruk atau kualitas motornya yang kuat?. Pertanyaan itu dapat dijawab dengan pendekatan metode ilmu fisika, ini jawabannya.

Bagian depan atau belakang mobil, dalam beberapa tahun belakangan memang sengaja bagian-bagian tersebut dibuat gampang hancur waktu terjadi benturan keras. Istilahnya Crumple Zone (zona benturan), yaitu sebuah zona pada bagian kendaraan yang didesain buat menyerap energi kinetik waktu kecelakaan.
Mobil Nabrak Motor, Kok Mobilnya yang Remuk? Ini Jawabannya
Tujuannya supaya kabin penumpang tidak ikut rusak, sehingga memberikan peluang lebih besar kepada penumpang maupun pengemudi untuk selamat. Berdasarkan hukum Isaac Newton, sebuah benda bergerak akan tetap bergerak dengan kecepatan yang sama dan arah yang sama kecuali ditindaklanjuti oleh kekuatan yang tidak seimbang.

Jadi, kalo pembaca melihat gambar mobil ringsek atau kejadian seperti gambar di atas, dimana bagian depannya penyok gara-gara nabrak benda yang ukurannya lebih kecil, itu berarti Crumple Zone  nya telah berjalan dengan baik, bukan karena kualitas mobilnya yang buruk.