Pendamping Desa Kecamatan Singosari Latih Puluhan Kader Teknik Desa
Cari Berita

Advertisement

Pendamping Desa Kecamatan Singosari Latih Puluhan Kader Teknik Desa

21 Mar 2017

Indikatormalang.com – Bertempat di Pendopo Kecamatan Singosari Kabupaten Malang tim Pendamping Desa Kecamatan Singosari  bekerja sama dengan Paguyuban Kepala Desa dibantu oleh tim Pendamping Ahli Kabupaten mengadakan pelatihan (20/3/17) peningkatan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Kader Teknik Dan Pelaksana Kegiatan Dalam Penyusunan Perencanaan Kegiatan Infrastruktur Desa Se Kecamatan Singosari Kab. Malang.  Pelatihan yang dikuti oleh puluhan peserta perwakilan dari berbagai desa berlangsung selama dua hari. Menurut Agus Supaat salah satu pendamping Desa Kecamatan kepada Indikator Malang mengatakan tujuan pelatihan bermaksud untuk membantu para pelaku desa dalam membuat dokumen perencanaan pembangunan khususnya dalam penyusunan desain Rencana Anggaran Belanja (RAB).   Acara pelatihan dibuka oleh Drs. Hadi Sucipto M.AP. Sekcam mewakili Camat Singosari Eko Margianto, AP, S.Sos, M.A P.  “Saya berharap seluruh peserta bisa mengikuti pelatihan sampai tuntas. Ini penting. Harapannnya ketika menghitung RAB tidak ada masalah” ucapnya dalam sambutan di depan para peserta.   Sementara Hanik Dwi Martya P Kepala Desa Tunjumgtirto sekaligus ketua paguyuban Kepala Desa berharap dengan adanya pelatihan seperti ini akan bisa menyelesaikan masalah bersama-sama, belajar bersama-sama, dan kedepannya forum seperi ini akan terus berlanjut untuk bersama-sama belajar berdesa yang baik.   Dalam pelatihan yang dipandu langsung oleh Ketut Rudyanto Tim Ahli Insfrastruktur Kabupaten Malang ini para peserta mendapatkan pelatihan cara penyusunan Rencana Anggaran Belanja.   Dalam pelatihan tersebut dijelaskan bagimana pembentukan tim survei, kebutuhan data-data yang diperlukan, teknik pengumpulan data ,cara penggunaan alat survei , dan persiapan peralatan yang akan digunakan serta pembuatan gambar sket.
Peserta Pelatihan Berpose Bersama Dengan Pelatih dan Pendamping Desa
Indikatormalang.com – Bertempat di Pendopo Kecamatan Singosari Kabupaten Malang, tim Pendamping Desa bekerja sama dengan Paguyuban Kepala Desa dibantu oleh tim Tenaga Ahli Kabupaten mengadakan pelatihan Peningkatan Kapasitas Kader Teknik Dan Pelaksana Kegiatan dalam Penyusunan Perencanaan Kegiatan Infrastruktur Desa (20/3/17).

Pelatihan yang berlangsung selama dua hari ini  diikuti oleh puluhan peserta perwakilan dari berbagai desa se kecamatan Singosari.

Menurut Agus Supaat, salah satu pendamping Desa Kecamatan Singosari kepada Indikator Malang mengatakan tujuan pelatihan bermaksud untuk membantu para pelaku desa dalam membuat dokumen perencanaan pembangunan khususnya dalam penyusunan desain Rencana Anggaran Belanja (RAB).

Acara pelatihan dibuka oleh Sekcam Hadi Sucipto yang mewakili Camat Singosari Eko Margianto. “Saya berharap seluruh peserta bisa mengikuti pelatihan sampai tuntas. Ini penting. Harapannnya ketika menghitung RAB tidak ada masalah lagi” ucapnya dalam sambutan di depan para peserta.

Sementara Hanik Dwi Martya P, Kepala Desa Tunjungtirto sekaligus ketua paguyuban Kepala Desa berharap dengan adanya pelatihan seperti ini akan bisa menyelesaikan masalah bersama-sama, belajar bersama-sama, dan kedepannya forum seperi ini akan terus berlanjut untuk bersama-sama belajar berdesa yang baik.

Dalam pelatihan yang dipandu langsung oleh Ketut Rudyanto Tim Ahli Insfrastruktur Kabupaten Malang, para peserta mendapatkan pelatihan cara penyusunan Rencana Anggaran Belanja.

Dalam pelatihan tersebut dijelaskan bagimana pembentukan tim survei, kebutuhan data-data yang diperlukan, teknik pengumpulan data ,cara penggunaan alat survei , dan persiapan peralatan yang akan digunakan serta pembuatan gambar sket.