Google Doodle Ingatkan Hari Ultah Ke-37 Taman Nasional Komodo
Cari Berita

Advertisement

Google Doodle Ingatkan Hari Ultah Ke-37 Taman Nasional Komodo

Castello
6 Mar 2017

Google Ingatkan 6 Maret Sebagai HUT ke-37 Taman Nasional Komodo,

Indikatormalang.com- Berkat mesin pencari Google, pagi ini 6 Maret 2017, kita teringat lagi dengan hewan Komodo. Ya, google doodle memperlihatkan tulisan pada kursor '37th Anniversary of Komodo National Park' atau Ulang Tahun ke-37 Taman Nasional Komodo. Indonesia diingatkan lagi tentang hari ulang tahun Taman Nasional Komodo (TNK) ke-37. Dimana TNK itu dan mengapa hari ini ulang tahunnya ke-37?

Taman Nasional Komodo yang didirikan pada tanggal 6 Maret 1980 telah dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia (World Heritage) dan Man and Biosphere Reserve oleh UNESCO pada 1991. Dikutip dari laman resmi Komodo National Park, Senin (6/3/2017), taman ini awalnya didirikan untuk melestarikan hewan Komodo (Varanus komodoensis) unik, yang pertama kali ditemukan pada 1911 oleh JKH Van Steyn. Sejak itu tujuan konservasi telah diperluas untuk melindungi seluruh keanekaragaman hayati, baik laut dan darat. jadi TNK tidak hanya melindungi dan melestarikan komodo.


Ukuran total Taman Nasional Komodo saat ini adalah 1.817 km2. Usulan perluasan daratan hingga 25 km persegi (Pulau Banta) dan 479 km persegi luas perairan laut akan membuat total luas permukaan mencapai 2.321 kilometer persegi. Taman nasional ini terletak di antara Pulau Sumbawa dan Flores di perbatasan Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Nusa Tenggara Barat (NTB). Ini mencakup tiga pulau utama, Komodo, Rinca, dan Padar, dan beberapa pulau kecil yang membentuk lahan seluas 603 km persegi. Di tahun 2006, TNK bahkan juga dijadikan sebagai salah satu 'role model' dari Taman Nasional di Indonesia.

Eksotisme kadal raksasa dan kecantikan alamnya membuat Taman Nasional Komodo terpilih menjadi The New 7 Wonders atau salah satu dari 7 Keajaiban Dunia, pada Mei 2012. Setelah masa voting berlangsung panjang, akhirnya taman ini terpilih dari 28 total finalis oleh lebih dari 200 juta voters.