Bagaimana Cara Menghitung Bulu Domba? Ini Dia Rumusnya !
Cari Berita

Advertisement

Bagaimana Cara Menghitung Bulu Domba? Ini Dia Rumusnya !

14 Mar 2017

Bulu Domba, Bahan Baku Industri Wool @kompasiana.com
Seekor domba dengan berat 60 kg jumlah bulunya antara 83 juta sampai 106 juta lembar. Nah, bagaimana menghitung bulu domba? Sangat tidak mungkin kalau kamu menghitung satu demi satu bulunya. Yang harus kamu lakukan adalah menelusuri bulu itu sampai ke akarnya. Setiap bulu pasti punya akar. Akar ini berbatas pada sebuah bintik tempat bulunya keluar. Dari sini kamu tinggal menghitung jumlah titik akar bulu tersebut.

Secara ilmiah, domba tidak memiliki bulu, tapi rambut. Semua mamalia memiliki rambut. Bulu hanya dimiliki oleh bangsa unggas atau burung. Tapi sudah terlanjur kita terbiasa menyebutnya bulu domba.

Cara menghitung rambut, eh bulu domba menurut situs faktailmiah.com dengan rumus :

SA = 0.09 x W^(0.67)

SA itu singkatan dari Surface Area, atau luas permukaan tubuh domba dalam meter persegi. W singkatan dari Weight yaitu berat dalam kilogram. Jadi kamu tinggal menimbang berat si domba, lalu memasukkannya ke rumus ini. Contoh, kalau kamu punya domba dan beratnya 60 kg, berarti luas permukaan tubuhnya 1.3983 meter persegi.

Dari penelitian, ternyata jumlah akar bulu domba antara 60 – 76 akar per milimeter persegi. Nah karena 1 meter persegi terdiri dari 1 juta milimeter persegi (lihat buku matematika SD) jadi ada sekitar 60 juta hingga 76 juta bulu per meter persegi. Untuk domba yang beratnya 60 kg dalam contoh kita di atas, berarti di badannya terdapat 83 – 106 juta bulu.

Kenapa hasilnya tidak pasti? Ya, tentu tergantung pada usia, jenis kelamin dan tipe kelahiran dari dombanya. Paham?

Selamat Menghitung.