9 Pengalaman Perkuliahan Mahasiswa, Monggo Diambil Hikmahnya
Cari Berita

Advertisement

9 Pengalaman Perkuliahan Mahasiswa, Monggo Diambil Hikmahnya

17 Mar 2017


Foto : ilustrasi
Indikatormalang.com - Pengalaman adalah guru bagi manusia yang mau belajar, pengalaman merupakan sesuatu hal yang sangat berharga, seringkali pengalaman manusia dijadikan sebagai cermin kehidupan mereka yang akan datang. Entah pengalamannya baik atau pengalaman buruk sekalipun tetap saja pengalam itu penting untuk di ambil hikmahnya. Seperti pengalaman Perkuliahan yang di alami oleh beberapa mahasiswa di bawah ini, hikmahnya cukup penting untuk kita ambil, baik untuk pihak kampus, dosen, orang tua, lebih-lebih untuk para mahasiswa/i.
9 pengalaman perkuliahan mahasiswa di bawah ini adalah hasil investigasi yang dilakukan oleh pewarta indikator Malang selama 4 hari (14-17/3/17) pada beberapa orang mahasiswa/i, apa sajakah pengalaman perkuliahan mahasiswa tersebut?, simak dibawah ini :
1. Menunggu Dosen
Dosen bukan dewa yang selalu benar, dan mahasiswa bukan kerbau yang selalu salah. Itulah kata yang sekiranya cocok untuk pengalaman mahasiswa yang satu ini. Baginya menunggu kedatangan dosen tercinta merupakan hal yang sering di alami. Keterlambatan dosen adalah pengalaman uniknya ketika perkuliahan berlangsung. "Saya sudah sering menunggu dan menunggu, kalau dosen terlambat ya nggak apa-apa. Giliran saya yang terlambat kalau gak dihukum ya dikeluarin dari kelas" Ungkap Mahasiswa berinisial A tersebut kepada indikator Malang.
2. Kuliah Malam
Herwanto mahasiswa jurusan ppkn di salah satu kampus di Malang seringkali mengeluhkan kebijakan kampusnya. "Kuliah malam sudah menjadi kebijakan kampus saya. Katanya tidak cukup ruangan sehingga perkuliahan juga dilaksanakan pada malam hari. Saya sih nggak apa-apa. Tapi mahasiswi yang kostnya jauh dari kampus gimana? kasian pulang malam-malam" ujarnya. Kuliah pagi, siang, atau sore sudah biasa dan wajar-wajar saja terjadi. Namun bagaimana dengan perkuliahan malam? Bukankah malam hari adalah waktu dimana manusia menempatkan diri pada yang namannya istrahat dari segala bentuk aktifitas (istrahat)?
3. Titip Absen
Males masuk kuliah banyak penyebabnya, bisa jadi karna sakit, ijin ada keperlun keluarga dan lain-lain. Namun cara penyelesaiannya tidak selalu sesuai dengan prosedur. Dengan alasan Setia kawan dan atau tidak telitinya dosen dalam memeriksa absensi salah satu mahasiswa ini sudah 2 kali titip absen pada temannya. "Saya sudah dua kali titip absen sama teman, gantianlah Setia kawan. Lagi pula dosennya nggak begitu teliti kok, jadi nggak apa-apa lah" ungkap mahasiswa berinisial F jurusan matematika tersebut.
4. Sakit
Sakit adalah alasan yang tidak bisa di tolak oleh dosen, apalagi alasan sakit tersebut disertai oleh bukti surat keterangan dari dokter. Seperti yang di alami oleh mahasiswi yang satu ini. Sakit demam yang disertai batuk-batuk mengharuskan ia absen kuliah waktu itu "saya sakit demam dan batuk-batuk, ya saya nggak bisa kuliah. Dosen saya sangat mengerti, sehingga surat saya yang menyusul dibilang nggak apa-apa katanya percaya" ungkap mahasiswi jurusan bahasa Indonesia tersebut.
5. Posisi Duduk
Nah, mahasiswa yang satu ini mengaku sangat anti duduk paling depan, sehingga setiap perkuliahan berlangsung ia selalu Duduk paling belakang. Sampai-sampai dosennya sendiri tak mengenalnya "Teman-teman rajin duduk paling depan, saya sudah biasa duduk paling belakang. Sampai-sampai waktu itu dosen saya nggak kenal saya" Ujar mahasiswa berinisial A sambil tertawa sendiri.
6. Ijin
Ijin juga menjadi salah satu cara mahasiswa untuk bolos kuliah, namun tak selalu ijin mahasiswa tersebut dikabulkan oleh para dosen, seperti yang di alami oleh mahasiswi jurusan biologi ini. Ia pernah menyampaikan permohonan ijin melalui via telpon, namun dosen tidak percaya bahwa ia benar-benar ada urusan lain. "Awalnya saya minta ijin via pesan, tapi nggak kunjung di balas, akhirnya saya langsung telpon dosen saya, tapi tetap saja tidak di ijinkan. Padahal saya benar-benar ada urusan keluarga. Emang dosen aja yang boleh ijin karna urusan keluarga" ungkap mahasiswi berinisial A tersebut masih dalam keadaan penuh kecewa pada dosennya.
7. Bosan
Rupanya Ketika perkuliahan berlangsung tidak semua prosesnya menyenangkan, bosan bisa hadir begitu saja ketika metode belajar dan pembelajaran yang digunakan dosen tidak mampu membangkitkan semangat belajar mahasiswanya. Seperti yang di alami oleh mahasiswa jurusan matematika ini. "Bawaannya bosan terus, nggak tau kenapa. Belajar rasanya sulit sekali memahami, penjelasannya panjang tapi enggak masuk-masuk" ujar mahasiswa berinisial K tersbut.
8. Pergantian Jadwal
Tidak jarang kelasnya melakukan pergantian jadwal perkuliahan, hal itu sudah menjadi hal yang biasa bagi mahasiswa berinisial A ini. "Gonta ganti jadwal mendadak sudah biasa di kelas saya, kadang kita nggak tau ada pergantian jadwal" ujar mahasiswa jurusan PGSD tersebut.
9. Pindah Ruangan
Hal serupa juga di alami oleh mahasiswi jurusan ppkn ini, namun Tidak hanya pergantian jadwal, pindah ruangan pun sering di lakukan yang awalnya di lantai satu kemudian pindah ke lantai enam. "Kalau ganti jadwal sudah pasti ganti ruangan. Kadang males naik turun tangga. nggak ada kepastian" Pungkas mahasiswi berinisial N tersebut.

Itulah pengalaman yang pernah di alami oleh 9 mahasiswa dari berbagai jurusan tersebut, kamu pernah mengalaminya atau punya pengalaman lain? Saran saya, apapun pengalaman anda, jangan lupa ambil hikmahnya.