Sugar Glider, Mamalia Imut Yang Bikin Gemas Pengunjung CFD Kota Malang
Cari Berita

Advertisement

Sugar Glider, Mamalia Imut Yang Bikin Gemas Pengunjung CFD Kota Malang

9 Feb 2017


Sugar Glider Malang saat berfoto di CFD 5 Februari 2017 @IM
Indikatormalang.com - Bagi anda yang suka jalan-jalan minggu pagi di Kota Malang, pasti pernah ke jalan besar Ijen. Setiap hari minggu, jalan besar itu berubah menjadi ajang rekreasi warga yang populer disebut CFD atau Car Free Day.

Banyak hal menarik bisa anda jumpai disana, seperti senam aerobik, kegiatan promosi, pedagang jajanan dan sarapan pagi, hingga hadirnya kelompok atau komunitas hobi tertentu.

Salah satu komunitas yang bisa anda jumpai di arena CFD adalah SGM, Sugar Glyder Malang. Komunitas yang aktif di medsos sejak tahun 2013 ini adalah penghobi peliharaan hewan unik, yaitu Sugar Glider. Hewan apa sebenarnya Sugar Glider ini?

Sugar Glider adalah sebutan hewan ini dalam bahasa Inggris. Orang Indonesia menyebutnya Wupih sirsik (Petaurus breviceps). Merupakan jenis keluarga posum kecil dalam intra kelas Marsupialia (Wikipedia). Kenapa disebut Sugar Glider? Adith, salah satu pengurus komunitas SGM ini mengatakan, "Hewan ini suka makanan nektar manis di alam dan bisa meluncur di udara ketika melompat dari satu pohon ke pohon lainnya."

Sepintas hewan imut dan menggemaskan ini memiliki penampilan dan kebiasaan yang mirip dengan tupai terbang meskipun tidak kaitan erat. Habitat aslinya di Indonesia dijumpai di pulau-pulau Papua. Hewan ini juga endemik di Australia. Mamalia lucu ini tergolong pocket pet, peliharaan yang kecil dan bisa dikantongi (saku baju) dan mudah di bawa kemana-mana.

Bagi yang suka hewa peliharaan imut bisa bergabung dengan aktivitas komunitas SGM ini setiap minggu di CFD Ijen Malang. Lokasinya di depan perpustakaan jalan Ijen. Anda juga bisa join komunitas ini untuk berbagi pengalaman atau cari tahu seputar Sugar Glider di akun fesbuk ISGA-SGM (Sugar Glider Malang). ISGA adalah singkatan dari Indonesia Sugar Glider Association, induk dari komunitas ini.
We Love Sugar Glider. We Are Family*

Penulis : Bima