Malang Raya, Kawasan Wisata Terbesar di Jawa Timur
Cari Berita

Advertisement

Malang Raya, Kawasan Wisata Terbesar di Jawa Timur

4 Feb 2017

Alun-alun Kota Malang di siang hari


Buat kamu yang baru datang ke Kota Malang, ini selintas informasinya. Kota Malang adalah sebuah kota yang terletak di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Terletak sekitar 90 km di sebelah selatan Surabaya, dan merupakan kota terbesar di kedua di Jawa Timur setelah Surabaya. Malang merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia menurut jumlah penduduk.

Para pelajar saat mendaki gunung Semeru
Selain itu, Malang juga merupakan kota terbesar kedua di wilayah Pulau Jawa bagian selatan setelah Bandung. Kota Malang berada di dataran tinggi yang cukup sejuk, dan seluruh wilayahnya berbatasan dengan Kabupaten Malang. Luas wilayah kota Malang adalah 252,10 km2. Bersama dengan Kota Batu dan Kabupaten Malang, Kota Malang merupakan bagian dari kesatuan wilayah yang dikenal dengan Malang Raya (Wilayah Metropolitan Malang).  Kawasan Malang Raya dikenal sebagai salah satu daerah tujuan wisata utama di Indonesia.

Malang dikenal sebagai salah satu kota tujuan pendidikan terkemuka di Indonesia karena banyak universitas dan politeknik negeri maupun swasta yang terkenal hingga seluruh Indonesia dan menjadi salah satu tujuan pendidikan berada di kota ini, beberapa di antaranya yang paling terkenal adalah Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dan Universitas Muhammadiyah Malang.

Kota Malang terdiri atas 5 kecamatan dan 57 kelurahan. 5 Kecamatan tersebut yaitu pertama Kecamatan Kedungkandang, Merupakan salahsatu wilayah kecamatan tertua di Kota Malang sebelum pemekaran wilayah Kota Malang pada dekade 80-an.  Kedua, Kecamatan Sukun, Ketiga, Kecamatan Klojen, Keempat, Kecamatan Blimbing dan kelima adalah kecamatan Lowokwaru.

Kota Malang juga dikelilingi beberapa pegunungan besar, di antaranya adalah pegunungan Bromo-Tengger (berkisar 2.700 m dpl); Gunung Semeru (3.676 m dpl); Gunung Arjuno (3.339 m dpl); Gunung Butak (2.868 m dpl); Gunung Kawi (2.551 m dpl); Gunung Anjasmoro (2.277 m dpl); serta Gunung Panderman (2.045 m dpl). Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa. Selain itu, kota Malang juga dilalui salah satu sungai terpanjang di Indonesia serta terpanjang kedua di Pulau Jawa setelah Bengawan Solo, yaitu Sungai Brantas yang mata airnya terletak di lereng Gunung Arjuno di sebelah barat laut kota.

Jadi, cukup jelas ya mengapa banyak orang suka pergi ke Kota Malang. Kota Malang, adalah kota pelajar sekaligus kota wisata. **