Google Doodle Yang Sering Memukau Netizen, Siapa Pelukisnya?
Cari Berita

Advertisement

Google Doodle Yang Sering Memukau Netizen, Siapa Pelukisnya?

Castello
27 Feb 2017

Doodle Badak Memperingati Ultah Taman Nasional Ujungkulon ke-25 @Google.co.id
Indikatormalanng.com- Pernahkan anda melihat tulisan Google diatas kotak searching/ pencarian bukan susunan huruf? Ya seringkali, susunan huruf itu digantikan atau digabung dengan gambar seseorang. Bahkan hari Minggu kemarin diberikan gambar badak Jawa bercula satu. Itulah yang disebut Google Doodle.

Siapakah orang yang bertanggungjawab melukis ilustrasi Google Doodle itu? Dia adalah Ryan Germick. Saat kanak-kanak, Ryan Germick sangat gemar menggambar. Namun, tak seperti anak lainnya, “Saya tak pernah berhenti,” kata laki-laki 35 tahun itu.

Hobi Germick terbayar, ia akhirnya direkrut Google. Ia menggabungkan seni dengan teknologi yang dipenuhi kode dan didominasi otak kiri. Karya Germick bertambah, menjadi jutaan orang yang mengunjungi laman utama Google.

Sebagai penggambar utama, ia memimpin tim beranggotakan sekitar selusin orang, berfungsi sebagai daya kreatif dan teknis di balik logo Google yang berubah-ubah, dikenal sebagai “doodle”, di laman utama situs pencari itu. Bagi Germick, jalan dari dunia seni ke dunia teknologi penuh lika-liku. “Saya tak punya alur yang jelas ke Google,” ujarnya. “Tak pernah terpikir kalau saya akan mengerjakan Doodle.”

Berkah Kekuatan Internet
Yang hebat buat Germick, Google adalah perusahaan pertama – dan satu-satunya – yang ia lamar.  Tahun 2006, ia direkrut sebagai spesialis grafis web.  Apa kata Germick? “Saya jelas kebalikan dari spesialis. Saya generalis dan mengerjakan banyak ikon,” ujar dia.

Namun masa itu ialah awal perubahan, ketika gambar sesederhana logo dapat berdampak pada bagaimana orang menggunakan, merasakan, dan membicarakan internet.

Ikon buatan Germick yang paling terkenal ialah Pegman di Google Map, sosok kecil berwarna kuning yang muncul ketika Anda menggunakan pengaturan Google Street View di peta Google. Germick bahkan mengenakan baju ketat warna jingga-kemerahan untuk tampil sebagai Pegman dalam video YouTube konyol yang dibuat untuk rilis Street View.

Video tersebut ialah video viral pertama Google, ditonton lebih dari 13 juta kali. Hampir sembilan tahun kemudian, Germick masih heran ketika membicarakannya. "Itu pengalaman buruk. Saya telah belajar tentang kekuatan internet, lalu saya belajar tentang kekuatan komentator di internet tak lama kemudian,” ujarnya.

Germick akhirnya mendapat posisi di tim Doodle dan bekerja di bawah bimbingan Dennis Hwang, orang yang dianggap sebagai Bapak Google Doodle. Internetlah yang benar-benar mengasah ambisi Germick sebagai seniman.

“Jika Anda membuat lukisan, hanya satu orang yang bisa memilikinya. Karya itu pada dasarnya menjadi barang yang hanya dapat dimiliki orang kaya. Itu membuat saya berpikir. Saya ingin berkomunikasi dengan semua orang. Itu benar-benar membuat saya berpikir pertama kali tentang seni grafis, lalu karya digital, karena bentuk itu dapat mudah didistribusikan. Dan tiba-tiba internet tersedia.” **




Sumber : Wikipedia, Tribunnews, dan Google.co.id