Disana Ada Kehidupan Lain?, Nasa Ungkap Fakta Mengejutkan
Cari Berita

Advertisement

Disana Ada Kehidupan Lain?, Nasa Ungkap Fakta Mengejutkan

23 Feb 2017

Indikatornalang.com- Lembaga Antariksa Amerika Serikat (NASA) bahwa ada tujuh planet baru seukuran Bumi telah ditemukan. Tiga di antaranya layak huni bagi manusia.

Temuan Planet baru tersebut oleh NASA diberi sebutan “exoplanet”. Artinya, planet-planet yang berada di luar tata surya.

NASA memaparkan temuannya dalam sebuah konferensi pers khusus, Kamis (23/2/17) di Washington, DC, melalui siaran  langsung dengan Facebook.

Beradasarkan perhitungan NASA, lingkaran exoplanet Trappist-1 (bintang tunggal) berjarak kurang lebih 39 tahun cahaya dari Bumi. Tentu saja temuan tersebut menjadi rekor baru untuk kategori jumlah temuan planet yang layak huni di luar sistem tata surya bumi.

“Ini sebuah rekor baru. Kami telah menemukan sebanyak 7 planet seukuran Bumi di sekitar bintang tunggal di luar tata surya kita; tiga berada dalam zona layak huni,” ungkap NASA dalam siaran pers-nya.

"Penemuan ini merupakan bagian penting dalam menjawab teka-teki untuk menemukan lingkungan layak huni, tempat-tempat yang aman dan mendukung untuk kehidupan,” ujar Thomas Zurbuchen, salah seorang administrator asosiasi dari Direktorat Misi Sains NASA.

”Menjawab pertanyaan, 'Apakah kita sendirian?' Merupakan prioritas sains dan menemukan begitu banyak planet-planet seperti ini untuk pertama kalinya di zona layak huni merupakan langkah luar biasa maju untuk menuju tujuan itu,” tambah Zurbuchen.

Sejumlah ilmuwan NASA menjelaskan bahwa keberadaan air terkonfirmasi pada salah satu planet yang baru ditemukan. NASA jemudian mengklaim tiga dari tujuh planet baru tersebut layak huni.

sementara salah satu dari rangkaian Exoplanet belum bisa dijelaskan. Menurut NASA, tidak ada sistem yang mudah untuk penamaan planet di luar sistem tata surya.

Pewarta: Dim
Edito: Aim