Dewanti Lengkapi 5 Srikandi Jatim, Siapa Selanjutnya?
Cari Berita

Advertisement

Dewanti Lengkapi 5 Srikandi Jatim, Siapa Selanjutnya?

17 Feb 2017

Pilkada Batu Dewanti Menang
Foto Bersama Usai Debat Terakhir Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Batu 2017/Furkan/IM

Indikatormalang.com-Pasangan nomor 2 Dewanti Rumpoko dan Punjul Santoso menyingkirkan pesaingnya berdasarkan hasil hitung cepat (Quick Count) dari beberapa lembaga yang melakukan Quick Count diantaranya dari Lingkaran Survey Indonesia (LSI) Denny JA yang merilis hasilnya di Hotel Asida Kota Batu. Rabu (15/2/2017).

Pasangan Calon nomor urut 2 yang di usung oleh PDI-P  memperoleh 44,23 % suara. Sementara pasangan Rudi-Sujono 20,49%, H Hairuddin-Hendra Angga Sonatha 18%, dan Abdul Majid-Kasmuri Idris 17,27%.

Pihak LSI-Deny JA menjelaskan bahwa hasil hitung cepat tersebut tidak akan banyak berubah karena data yang masuk dari lapangan sudah 100%, . LSI sendiri menggunakan sampel sebanyak 197 TPS dengan tingkat partisipasi mencapai 78,62%.

“Kemungkinan data ini tidak berubah. Jikapun ada perubahan, angkanya tidak begitu banyak” terang Toto dari LSI Denny JA

Dikutip dari laman wikipedia LSI (17/2/2017) dijelaskan bahwa jika metode quick count dilakukan dengan benar maka setidaknya 4 jam setalah perhitungan suara, pemilih sudah bisa mengetahui siapa pemenang pemilihan.

"Hasil quick count tidak akan berbeda jauh (kurang dari 1%) dari hasil pemilihan aktual yang diumumkan oleh KPU Versi hitung cepat tersebut" tulis situs ensiklopedia berbahasa Indonesia dalam lamanya.

Sementara sesuai tahapan, KPU Kota Batu dijadwalkan masih akan merampungkan hasil rekapitulasi perhitungan suara pada 24 Februari 2017.

Mengacu hasil hitung cepat tersebut, diperkirakan pasangan Dewanti-Punjul akan akan menggantikan Wali kota Batu Eddy Rumpoko (ER) yang juga suaminya sendiri untuk masa jabatan 2017-2022. Kemenangan Dewanti sekaligus akan mencatatkan namanya sebagai kepala daerah perempuan pertama di Malang Raya. Tak hanya itu, Dewanti juga akan melengkapi deretan daftar srikandi kepala daerah di Jawa Timur.

Berikut ini adalah daftar perempuan yang menjadi kepala daerah di Jawa Timur yang dihimpun Indikator Malang dari berbagai sumber:
1.Bupati Probolinggo, Puput Tantriana Sari, SE,
2.Wali Kota Surabaya,  Tri Rismaharini,
3.Bupati Jember, dr Hj Faida, dan
4.Bupati Kediri,  dr. Haryanti Sutrisno

srikandi jatim jadi trend pilkada?
Info grafis Srikandi yang menjadi kepala daerah di Jawa Timur./IM

Pewarta: Hendik