Alexa Rank, Indikator Peringkat Website Paling Dipercaya
Cari Berita

Advertisement

Alexa Rank, Indikator Peringkat Website Paling Dipercaya

14 Feb 2017


Ilustrasi Alexa Rank @globalinfoking.com
Alexa merupakan kata ajaib yang paling banyak dibicarakan oleh para blogger atau web developer.  Website yang keren ditandai  salah satunya oleh peringkat Alexa-nya yang tinggi.  Misalnya Twitter.com, peringkat Alexanya saat ini 16. Facebook.com, Alexa ranknya 3.  Alexa siapa yang nomer 1, ya pasti Google. Website apa yang nomer 2 paling banyak dikunjungi di dunia? Ya, betul banget, Youtube.com.  Kalau website kalian, berapa Alexa ranknya? Jutaan atau ribuan, hahaha... 

Ok deh kita cari tahu, Alexa rank, binatang apa sih sebenarnya?

Alexa adalah sebuah website yang didirikan pada tahun 1996 oleh Brewster Kahle dan Bruce Gilliat, dengan nama Alexa.com. Tujuannya adalah melakukan pemeringkatan website-website yang ada di dunia maya berdasarkan banyaknya jumlah kunjungan pada setiap website. Makin banyak pengunjung maka makin tinggi peringkatnya (makin kecil angkanya). Alexa saat ini berada dibawah naungan Amazon.com karena sudah diakuisisi pada tahun 1999. Nah, tentu kita ingin tahu, bagaimana ya cara atau metode penghitungan yang dilakukan Alexa?

Alexa melakukan pemeringkatan berdasarkan jumlah pengujung, menurut Alexa sendiri. Jadi mereka mengetahui seseorang mengunjungi sebuah website dari Alexa Toolbar yang diinstall oleh orang tersebut di browsernya. Namun tentu tidak semua orang menginstal Alexa Toolbar, oleh karena itu penghitungan Alexa dianggap oleh sebagian orang kurang tepat dan tidak bisa jadi acuan penilaian website.

Alexa semakin penting sebagai indikator ranking sebuah website, setelah Google tidak lagi pernah mengupdate Google Page Rank. Selain Alexa Toolbar tersebut sebenarnya ada hal lain yang bisa mempengaruhi naik turunnya peringkat Alexa. Yaitu jumlah link menuju website tersebut atau sering disebut dengan backlink.

Adakah cara mudah untuk meningkatkan peringkat Alexa?  Tunggu kelanjutan kisah putri Alexa ini ya.

Pewarta : Bima