6 Tips Melindungi Kesehatan Hati Yang Anda Perlu Tahu
Cari Berita

Advertisement

6 Tips Melindungi Kesehatan Hati Yang Anda Perlu Tahu

11 Feb 2017

Posisi hati dalam tubuh @spiritweb.id
Hati atau yang juga disebut dengan istilah liver merupakan salah satu organ tubuh yang memiliki peranan sangat penting dalam sistem pencernakan, dimana organ tersebut memiliki berbagai macam fungsi seperti :
  • Penyaring segala jenis makanan, minuman, maupun segala sesuatu seperti obat-obatan yang diserap oleh tubuh.
  • Membantu membersihkan darah serta menyingkirkan berbagai macam bahan kimia berbahaya dari dalam tubuh.
  • Menghasilkan empedu yang nantinya sangat berguna untuk membantu memecahkan lemak dari makanan yang masuk ke dalam tubuh.
  • Menyimpan glukosa (gula) yang nantinya dapat memberikan dorongan energi apabila diperlukan tubuh.
Seperti kata pepatah, mencegah lebih baik daripada mengobati. Oleh karena itu, berikut ini adalah beberapa tip yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan. Terutama kesehatan organ hati (liver):

1. Pilih makanan yang bergizi.
Terkadang gizi buruk dapat menyebabkan penyakit pada organ hati. Tetapi menyantap makanan bergizi dengan cara diet seimbang akan membuat organ hati berfungsi lebih efisien sehingga berdampak pada kesehatan secara menyeluruh.

2. Batasi asupan kalori.
Kelebihan kalori dalam bentuk karbohidrat dapat menyebabkan disfungsi hati dan menyebabkan simpanan lemak dalam hati yang menjadikan organ hati berlemak.

3. Waspadai minuman beralkohol.
Minuman keras, bir dan anggur dapat berpengaruh buruk pada metabolisme organ hati. Sebaiknya, konsumsi alkohol dibatasi karena dapat menyebabkan hepatitis alkoholik dan hepatitis sirosis. Orang-orang dengan penyakit organ hati tidak boleh minum alkohol sama sekali.

4. Hati-hati dengan obat herbal.
Pengobatan herbal dan obat-obatan alternatif organ hati haruslah melewati riset ketat sebelum dapat direkomendasikan. diet dan pengobatan herbal bisa sangat berbahaya pada organ hati.

5. Cuci tangan sebelum makan.
 Tangan harus dicuci dengan sabun dan air setelah buang air besar dan sebelum menyiapkan makanan dan konsumsi. Ini akan membantu mencegah penyebaran hepatitis A.

6. Vaksinasi Hepatitis.
Saat ini, vaksinasi hepatitis A dan B sudah tersedia di mana-mana. Program imunisasi untuk hepatitis B juga telah diupayakan untuk semua anak dan orang dewasa. Ternyata, vaksinasi hepatitis B juga sangat penting untuk bayi yang baru lahir karena 90% yang terkena virus ini terkena infeksi kronis. Namun hingga saat ini belum ada vaksinasi yang tersedia untuk hepatitis C.

Semoga bermanfaat dan mari kita jaga kesehatan hati anda!

Sumber : IG TipSehatAlami dan halosehatdotcom.