Surat Al Kahfi dan Baitul Atiq
Cari Berita

Advertisement

Surat Al Kahfi dan Baitul Atiq

26 Jan 2017


Banyak sekali amalan berupa doa, zikir dan wirid yang diajarkan para ulama kepada umat Islam. Salah satu diantaranya adalah membaca Al Qur`an. Diantaranya, amalan Sunah Malam Jumat atau Hari Jumat adalah membaca Al-Quran Surat Al-Kahfi, selain memperbanyak baca sholawat untuk Nabi Muhammad Saw.

Setidaknya ada tiga hadits yang menyebutkan keutamaan membaca Surat Al-Kahfi di Malam Jumat atau Hari Jumat.

مَنْ َقَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمْعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّوْرِ فِيْمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيْقِ

"Barangsiapa membaca surat Al-Kahfi pada malam Jum’at, maka akan dipancarkan cahaya untuknya antara dirinya hingga Baitul Atiq." (HR. Al-Hakim dan Al-Baihaqi).


Baitul Atiq adalah nama lain Ka’bah yang disebut juga dengan istilah Baitullah (Rumah Allah), Baitul Haram (Rumah Suci), yaitu "rumah tua" yang dibangun kembali oleh Nabi Ibrahim dan puteranya Ismail a.s. atas perintah Allah SWT.

مَنْ قَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ فِي يَوْمِ الْجُمْعَةِ سَطَعَ لَهُ نُوْرٌ مِنْ تَحْتِ قَدَمِهِ إِلَى عَنَانِ السَّمَاءَ يُضِيْءُ لَهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَغُفِرَ لَهُ مَا بَيْنَ الْجُمْعَتَيْنِ

“Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua jumat.” (HR. Ibnu Umar).