Siapakah Patrialis Akbar? Hakim Yang Kena OTT KPK itu?
Cari Berita

Advertisement

Siapakah Patrialis Akbar? Hakim Yang Kena OTT KPK itu?

28 Jan 2017

Patrialis Akbar / Foto : Tempo.co

Indikatormalang.com – Dalam dua hari ini dunia pemberitaan dihebohkan dengan penangkapan salah seorang hakim MK oleh KPK. Komisi anti rasuah Indonesia itu melalui ketuanyaa Basaria panjaitan mengatakan bahwa hakim tersebut beriinisial PAK, yang pada ahirnya secara terbuka KPK mengakui hakim yang dimaksud adalah Patrialis Akbar. 

PAK ditangkap oleh KPK pada Kamis, (26/1/17). Maka pada kejadian ini merupakan yang keduakalinya, setelah Ketua MK RI, Akil Mochtar sebelumnya juga diciduk oleh KPK. 

Namun siapakah Patrialis Akbar? Patrialis yang lahir di Padang, Sumatera Barat 31 Oktober 1958 silam .Jika dilihat dari situs resmi Mahkamah Konstitusi (MK), sosok Patrialis Akbar adalah mantan anggota DPR RI dari Partai Amanat Nasional selama dua periode (1999 – 2004 dan 2004 – 2009). 

Patrialis pernah tercatat turut terlibat dalam pembahasan amandemen konstitusi di Panitia Ad Hoc I Majelis Permusyawaratan Rakyat dan pernah duduk sebagai Menteri Hukum dan HAM pada Kabinet Indonesia Bersatu II pada Oktober 2009-Oktober 2011 pada masa pemerintah Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. 

Patrialis Akbar juga pernah menduduki posisi sebagai penegak hukum, yakni hakim konstitusi pada Mahkamah Konstitusi Republik Indonesiantuk masa jabatan 2013 – 2018 Sebelum menjabat sebagai Hakim MK, Patrialis pernah menduduki posisi di tiga lembaga kekuasaan negara, yaitu legislatif, eksekutif dan akhirnya yudikatif. 

Di luar itu Patrialis juga tercatat sebagai anggota Lembaga Keadilan Hukum Univerisitas Muhammadiyah. Pernah aktif pada organisasi Pemuda Muhammadiyah selanjutnya bergabung dengan Partai Amanat Nasional.


Pewarta : Abdi
Editor : Dekki