(RESENSI): Hargai Siapa Dirimu Seperti Kamu Menghargai Arti Kesuksesan
Cari Berita

Advertisement

(RESENSI): Hargai Siapa Dirimu Seperti Kamu Menghargai Arti Kesuksesan

27 Jan 2017


Judul Buku     
: Siapakah Diriku Sebenarnya
Penulis
: Prabu Ganendra
Penerbit
: Real Books
Cetakan          
: 1: 2016
Tebal
: 146 Halaman
Harga 
: Rp 35.000,00
Peresensi
: Lilia Sari


“Ketika kamu menghargai diri sendiri, maka kamu juga mencintai dirimu dan percaya bahwa kamulah yang terbaik” 


Mungkin kamu tidak menyadari bahwa sesungguhnya menghargai diri sendiri merupakan titik awal menuju keberhasilan. Menghargai diri sendiri adalah titik atau tolok ukur kesuksesan di masa depan. Alasanya adalah seperti apa kamu memandang diri sendiri, seperti itulah kamu akan terlihat dan terbentuk. Kalau kamu menganggap dirimu pantas untuk sukses, kamu akan bersikap layaknya orang sukses. 

Seberapa besar kamu menyukai diri sendiri akan menentukan seberapa besar kamu menghargai hidup, yang kemudian akan menentukan seberapa besar pencapaian kamu dalam hidup. Menghargai disri sendiri itu bukan berarti egois. Orang yang egois selalu ingin menjadi pusat perhatian, haus penghargaan, dan kurang peduli pada orang-orang di sekililingnya. Sebaliknya, menghargai diri sendiri berarti mampu menyeimbangkan antara kebutuhan diri sendiri dengan kebutuhan orang lain. 

Ketika kamu menghargai diri sendiri, kamu akan berusaha menjaga dirimu lebih baik. Kamu akan menjaga tubuh dan pikiranmu. Segala sesuatu di sekitarmu juga akan terlihat indah. Cara pandangmu pun berubah. Kamu akan melihat sesuatu dengan perspektif berbeda. Setiap orang pastinya memiliki keunikannya masing-masing, termasuk kamu. Kamu hanya perlu bersikap positif pada hidupmu, dan hal itu hanya mungkin, jika kamu memulai untuk menghargai dirimu sendiri. 

Ketika ada sebuah pertanyaan tentang bagaimana menghargai hidup ini?, mungkin sejenak dirimu akan diajak ke alam piker tentang apa saja yang sudah dilakukan untuk menghargai hidupmu sendiri. Ukuran apakah yang bias membuat kamu bias terlihat menghargai hidupmu sendiri? 

Cobalah kamu bercermin di depan kaca. Ketika kamu bercermin, biasanya akan memacumu untuk menjadi yang terbaik. Di depan cermin itulah kamu semua selalu ingin tampak baik dan mempesona, dan bila ada celah sedikit, kamu akan segera memperbaikinya. Maka bila mau jujur pada diri sendiri, menghargai diri sendiri itu sebenarnya semudah kamu bercermin. 

Lihatlah kekurangan dalam dirimu dan belajar memperbaiki diri dari hari ke hari. Tak perlu takut mengakui keslahan pada diri sendiri. Ingat, hanya Tuhan dan kamu saja yang tahu kesalahan-kesalahan dirimu. Selama kamu memiliki kesadaran yang tinggi untuk terus memperbaiki diri sendiri, maka selama itulah kamu bisa menghargai dirimu sendiri. 

Harga diri sesorang justru bisa meningkatkan nilai-nilai moral dan budaya umat manusia. Seorang yang dikenal berperilaku burruk misalnya sering dinilai merendahkan martabat lingkungan tempat tinggalnya. Faktanya komunitas yang terdiri dari orang-orang yang mempu menjaga harga dirinya jauh lebih terhormat dari komunitas lain yang terdiri dari orang-orang yang tidak pernah menjaganya. 

Makanya, orang yang dinilai tidak punya harga diri sering disisihkan dari lingkungan yang baik. Jadi, menghargai diri sendiri itu bukan sekadar mementingkan diri sendiri, melainkan bentuk penghargaanmu kepada lingkungan di mana kamu berada juga. Sekalipun demikian, harga diri seseorang tidak mungkin terbentuk jika dia sendiri tidak menghargainya. Maka setiap orang perlu belajar untuk menghargai dirinya sendiri.


Peresensi : Lilia Sari
(Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Muhammadiyah Malang)