Mahasiswa Tanpa Kelamin
Cari Berita

Advertisement

Mahasiswa Tanpa Kelamin

29 Jan 2017

Indikatormalang.com - Mahasiswa yang kita tahu adalah kedudukan tertinggi dalam dunia pendidikan. Dengan kata maha dan siswa dalam artian adalah siswa yang memiliki wawasan luas juga ilmu pengetahuan yang tinggi. Nama mahasiswa juga sering diikuti oleh embel embel agen perubahan yang diharapkan mahasiswa bisa membawa perubahan bangsa ke arah lebih baik.


Mahasiswa juga mempunyai komitmen yang bernama Tri Dharma perguruan tinggi yakni pendidikan, penelitian dan terjun ke masyarakat. Menjadi mahasiswa sebenarnya mempunyai banyak tugas mulia. Namun saat ini mahasiswa banyak sekali yang menyimpang dengan nilai nilai yang melekat dalam namanya juga embel embelnya. Banyak mahasiswa yang hanya memperkaya ilmunya sendiri seperti, datang ke kampus mencatat lalu pulang. biasanya disebut dengan mahasiswa kupu kupu kuliah pulang- kuliah pulang. Banyak juga mahasiswa yang tidak berani menyatakan kebenaran dan memilih apatis pada suatu permasalahan yang menyangkutnya. Banyak juga mahasiswa yang hanya menggunakan almamaternya sebagai ajang pamrih karena dapat masuk universitas bergengsi.

Selain itu banyak yang tidak paham akan tujuannya kuliah mencari ilmu malah sibuk berpacaran bahkan meninggalkan kuliahnya. Mahasiswa juga banyak yang merasa apa yang dilakukannya sudah sesuai. Misalnya menjadi aktivis kampus. Namun ada juga mahasiswa aktivis yang belum tau arah tujuan perjuangannya karena hanya ikut ikutan. Mereka mengikuti demo dalam rangka menegakkan keadilan namun tidak mengerti apa yang menjadi tujuan, merek bahkan belum paham akan permasalahan demo tersebut. Banyak juga aktivis mahasiswa yang ganya mau melakukan hal tersebut karena organisasi atau label yang mengikutinya. Selain itu yang lebih parah adalah mahasiswa yang sampai takut dalam berbuat kebenaran misalnya ada pelanggaran oleh kampus mereka diam karena mereka takut menyatakan benar sebagai kebenaran.

Mahasiswa seperti itu bisa dikatakan sebagai mahasiswa kekinian. Dan bisa disimpulkan sebagai mahasiswa tanpa kelamin. mahasiswa tanpa kelamin disini berarti mahasiswa yang tidak punya rasa malu. Karena dengan perilaku yang seperti itu benar benar mahasiswa telah menyimpang dari hakikat eksistensinya. Tentu semuanya kembali ke individu masing masing , kita menjadi mahasiswa yang sebenarnya atau mahasiswa tanpa kelamin.


Penulis  Faris