LBH Peka: Kami Akan Dampingi Para PKL Batu
Cari Berita

Advertisement

LBH Peka: Kami Akan Dampingi Para PKL Batu

28 Jan 2017

LBH Peka
Indikatormalang.com - Pasca kejadian penertiban (27/1/16) PKL Alun-alun Batu oleh Satpol PP yang berujung bentrok LBH Peka Malang akan melakukan pendampingan terhadap para PKL. Hal tersebut disampaikan oleh Luqman Wahyudi Ketua LBH Peka selaku kuasa hukum PKL PNS ketika dihubungi oleh Indikator Malang. 

“Seharusnya Satpol PP dalam menegakkan hukum harus berdasarkan hukum. Negara kita adalah negara hukum, maka tindakan siapapun tidak terkecuali satpol pp harus sesuai dengan hukum” Kecam Lukman. “Kami selaku penasehat hukum akan mengawal kasus kekerasan tersebut, karena itu merupakan perbuatan yang tidak dapat dibenarkan menurut hukum, maka harus diselesaikan menurut hukum pula” Tambah Lukman sambil berpesan agar kejadian-kejadian seperti itu tidak berulang lagi. 

Sementara Paguyuban PNS melalui Adi Satrio sebagai Warga asli Kota Batu sekaligus dewan pembina LBH PEKA akan melakukan upaya hukum dalam memperjuangkan hak PKL alun-alun Kota Batu. “PKL adalah bagian dari warga negara indonesia yang memiliki hak untuk hidup sejahtera, sehingga penertiban dengan kekerasan bukan solusi yang solutif. Untuk itu perlu adanya dialog khusus mengenai permasalahan ini kepada pemerintah kota Batu selaku pemegang otoritas” Ungkap Adi. 

Seperti diberitakan sebelumnya Satpol PP Kota Batu melakukan penertiban PKL yang berujung bentrok dan jatuh korban dari pihak PKL. Kejadin tersebut sontak membuat para pengunjung Alun-alun merasa ketakutan. “Alun-alun batu gak nyaman malam ini , gak seperti biasanya” ungkap Nisa salah satu pengunjung alun-alun.

Pewarta : Dekki