Keren, Indonesia Punya Tiga Pantai Berwarna Pink
Cari Berita

Advertisement

Keren, Indonesia Punya Tiga Pantai Berwarna Pink

9 Jan 2017


Indikatormalang.com - Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan yang kaya akan budaya dan daerah pariwisata yang tersebar dari sabang hingga merauke. 

Keragaman budaya yang dimiliki menjadikan Indonesia salah satu pusat tujuan wisata masyarakat dunia. Pantai adalah salah satu tempat wisata yang paling diminati Oleh masyarakat lokal maupun mancanegara dengan berbagai keunikan masing-masing. 

Indonesia memiliki beberpa pantai yang tergolong unik. Salah satunya pantai berwarna Pink, ga percaya? Bahkan Indonesia memiliki 3 Pantai yang semuanya berwarna Pink. Dimana sajakah itu?. Berikut Keindahan 3 Pantai Berpasir Pink Yang Ada Di Indonesia. 

1. Pantai Berpasir Pink Di Pulau Komodo NTT 
Pantai berpasir pink yang ada di indonesia Pertama berada dipulau komodo. Siapa yang tidak tau pulau komodo? Pulau yang terkenal dengan satwa asli habitat hewan komodonya. Komodo ini termasuk dalam hewan purba yang masih tersisa sekarang ini, yang hanya ada di NTT Indonesia. 

Bukan hanya Habitat asli hewan komodo yang terkenal disana, ada tempat lain yang tak kalah kerennya yaitu pantai pink. Disebut pantai pink karena memang pasir pantainya berwarna merah muda (pink). Jika anda datang kesini, anda akan disuguhkan dengan pesona pasir pink nan lembut yang membentang luas bak hamparan permadani persia disepanjang pantai itu. Deburan ombak lautnya yang tenang nan jernih seakan memanggil para pengunjung untuk bermanja-manja. 

Belum diketahui secara pasti dari mana asal muasal warna pasir merah muda yang cantik ini. Namun, beberapa pendapat mengatakan bahwa warna pink berasal dari pecahan karang berwarna merah yang sudah mati dan memang banyak ditemukan di pantai ini. Sementara, pendapat lain menyebutkan warna pink pada pasirpada garis pantai karena adanya hewan Mikroskopik bernama Foraminifera yang memproduksi warna merah atau pink terang pada terumbu karang. 


2. Pantai Berpasir Pink Di Lombok NTB 
Pantai kedua dengan pasir pink di Indonesia adalah pantai Tangsi di Jerowaru, Lombok Timur NTB. Selain pasir pantai nya yang khas, pantai pink ini juga memiliki panorama yang sangat mengesankan. Disekeliling pantai terdapat tebing-tebing yang cukup tinggi untuk menikmati hamparan pantai dan lautan lepas yang indah. Hembusan angin dan suara ombak yang membentur karang membuat hati dan pikiran menjadi tenang.


3. Pantai Berpasir Pink Di Bima NTB 
Pantai ini pun juga tak kalah bagusnya, sama-sama berada di Indonesia timur, tepatnya di desa Lambu Kecamatana Lambu Kabupaten Bima NTB. Pantai ini disebut juga sebagai pantai “torombala” oleh masyarakat lokal. 

Kini pantai torombala sebagai tempat wisata yang paling diminati di daerah Bima karena warna pasir nya yang unik, bersih, memiliki pemandangan bawah laut yang sangat mempesona. Disekeliling pantai terdapat tebing-tebing seperti halnya yang ada dipantai pink lombok, sering digunakan pengunjung untuk foto-foto dan menikmati angin sepoi-sepoi yang membuat hati dan pikiran menjadi tenang. 

Pantai ini dapat diakses melalui jalur laut dan darat. Jalur laut dijangkau melalui pelabuhan Sape dengan membayar ojek perahu mesin milik masyarakat setempat. Apabila kita inigin melalui jalur darat dapat langsung menggunakan kendaraan bermotor atau mobil menuju ke selatan perempatan pelabuhan sape. Untuk sampai di pantai pink ini kita melalui beberapa desa yaitu desa soro dan desa sumi. Di sepanjang perjalanan dari desa sumi menuju pantai pink (desa lambu), kita akan di suguhkan dengan keindahan alam dan keelokan pantai dengan deretan lambaian pepohonan kelapa dipinggir pantai.




Pewarta : Muhammad Fahrul Rozy
(jurusan manajemen informatika STIMIK PARADNYA PARAMITA MALANG)
Editor : Dekki
Photo : Bintang, Telusur, dan Bagekmomot