Hijaber Kekinian, Bukan Lagi Sekedar Menutup Aurat
Cari Berita

Advertisement

Hijaber Kekinian, Bukan Lagi Sekedar Menutup Aurat

29 Jan 2017

Hijaber kekinian, menarik perhatian @cyberprotes.blogspot.co.ider
Indikatormalang.com - Dalam islam kaum hawa telah diwajibkan, dijaga dan dipelihara dengan tata cara yang berbeda dengan kaum adam. Sebagaimana pada saat Nabi melihat bahwa dizamannya wanita tidak berguna bagi laki-laki, wanita hanya sebagai pembantu, wanita sebagai pemuas nafsu dan lain-lain. Sehingga Islam menganjurkan bahwa wanita harus dijaga dan dipelihara. Maka trurunlah beberapa ayat yang membahas tentang kaum perempuan.

Salah satunya ialah surat Al-Ahzaab, ayat 59, yang artinya “Wahai nabi, katakanlah kepada istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin, ‘ Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.’ Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan allah adalah maha pengampun lagi maha penyayang” Dari ayat itu menyatakan bahwa kaum perempuan diharuskan untuk berhijab atau mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh, sehingga terlindung dari orang-orang jahat.

Namun dizaman yang sudah modern ini, dan hijab juga sudah mengikuti zaman. Sehingga banyak perubahan dengan dasar-dasar berhijab. Contoh misalkan jilbab yang sudah banyak warna, pemakaian dengan variasi-variasi yang tampak lebih anggun jika dilihat, sehingga di zaman sekarang ini hijab sangat ngetrend tetapi tidak pada dasarnya yang sesuai dengan anjuran islam.

Di era modern ini hijab sangatlah populer dikalangan anak-anak, remaja, bahkan sampai orang dewasa. Tidak heran lagi jika kita melihat beberapa kaum hawa berjilbab namun dengan pakaian yang ketet atau menunjukkan lekuk tubuhnya. Sedangkan dalam aturan islam kaum perempuan dianjurkan untuk berhijab guna menutupi auratnya, dan dalam pandangan syar’i, tujuan utama memakai jilbab adalah untuk menutupi perhiasannya. Oleh karena itu, jilbab yang dikenakan seorang perempuan tidak boleh diperindah, atau dengan perhiasan sehingga menarik pandangan dari kaum laki-laki.

Namun sayangnya, saat ini sebagian orang menggunakan jilbab justru untuk menarik pandangan kaum lelaki. Banyaknya versi jilbab yang penuh warna dan hiasan yang bertujuan selain menutupi aurat juga untuk mempercantik diri. Sehingga tak heran lagi jika sekarang banyak terjadi kejahatan terhadap kaum perempuan.

Penggunaan hijab merupakan pesan moral untuk kaum perempuan, maka haruslah digunakan sebagaimana mestinya tata cara dan aturan-aturannya. Sudah jelas dalam pandangan islam, salah satunya untuk melindungi diri kaum perempuan dari kejahatan apapun. Sebagaimana yang sudah kita ketahui juga ada guna lain dalam berhijab yaitu agar lebih mudah dikenal, jika dikaitkan dengan era modern ini bukan lagi untuk mempermudah mengenali, namun kaum perempuanlah yang sengaja menonjolkan kecantikannya dengan berhijab, maka secara tidak langsung kaum perempuanlah yang menarik pandangan laki-laki.

Namun tidak semua kaum perempuan yang menggunakan hijab yang tidak sesuai dengan aturan-aturan berhijab. Tidak sedikit yang sudah paham dengan berhijab dan pula sebaliknya. Oleh karena itu kaum perempuan yang beragama islam, perkuat keimanan pergunakanlah pesan moral itu dengan sebagaimana mestinya, karena itu adalah untuk kebaikan dan juga keselamatan bagi kaum perempuan yang sebagaimana sudah dijelaskan dalam alquran.

Penulis  : Ivan
Editor : Redaksi IM