Banyak Mahasiswa Belum Paham Tri Dharma Perguruan Tinggi
Cari Berita

Advertisement

Banyak Mahasiswa Belum Paham Tri Dharma Perguruan Tinggi

30 Jan 2017


Seperti yang kita tahu, Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah paradigma keilmuan yang benar benar harus diketahui dan di pegang dengan teguh. Terutama bagi orang yang terpelajar, berwawasan luas sekelas mahasiswa. Tri Dharma Perguruan Tinggi bisa dikatakan adalah tujuan mulia pendidikan yakni pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

Bahkan hal tersebut masuk dalam konstitusi negara Indonesia, di dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional telah menyebutkan bahwasanya perguruan tinggi berkewajiban menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Pasal 20 Ayat 2. Namun kenyataannya saat ini mahasiswa kesadaran akan Tri Dharmanya sangatlah menurun. Suatu hari saya pernah membuka sebuah forum diskusi. Di dalam forum terdapat mahasiswa jurusan ilmu pendidikan bahkan hukum. Saya tertarik sekaligus sekedar mengetes tiap tiap mahasiswa yang ada di forum.

Hasilnya berupa kenyataan miris soal mereka. Banyak mereka yang sama sekali belum pernah tahu bahkan bertanya apa pentingnya Tri Dharna Perguruan Tinggi. Berarti mereka berilmu tapi belum tau kemana arah ilmu itu akan diaplikasikan. Mungkin hal tersebut cocok menjadi kesimpulan saya tentang realita mahasiswa masa kini. Tentang kaum intelektual, maha akan wawasan , keilmuan tapi kosong dalam tindakan.
Melaksanakan Tri Dharma berarti, pertama, mahasiswa harus mendapatkan pendidikan guna berkiprah di dunia masyarakat. Kedua, mahasiswa harus melakukan penelitian bukan hanya sebagai pengembangan diri lebih dari itu mahasiswa harus mampu memberikan solusi terhadap suatu persoalan. Ketiga,  mahasiswa dengan segala bentuk keilmuannya harus mengaplikasikan dengan turun langsung ke masyarakat dan ikut berkontribusi demi mewujudkan perubahan ke arah yang lebih baik.

Penulis  :  Faris
Editor : Redaktur IM