Waspada, Virus Zika Sudah Masuk Indonesia
Cari Berita

Advertisement

Waspada, Virus Zika Sudah Masuk Indonesia

3 Sep 2016


Indikatormalang.com - Awalnya virus zika ini diketahui sedang mewadah di kawasan Asia Tenggara yakni di Singapura. Tercatat Hingga selasa lalu di Singapura sudah 82 orang terjangkit virus Zika. Beberapa negara selain Singapura seperti Australia, Korea Selatan, Taiwan, dan Amerika Serikat dilaporkan beberapa beberapa warganya sudah terjangkit Virus tersebut. Negara-negara tersebut telah memberikan Travel Warning untuk warganya agar berhati-hati ketika mengunjungi Singapura. 

Indonesia sebagai negara yang bersebelahan dengan Singapura diminta untuk waspada. Tercatat setiap tahun mobilitas kunjungan kedua warga negara sangat tinggi, sehingga ini dikwatirkan akan menjadi perantara penyebaran Virus. Pada tahun 2015 saja tercatat 1,5 juta orang singapura berkunjung ke Indonesia atau rata-rata sekitar 4000 orang per-hari. Sedangkan oramg Indonesia yang mengunjungi Indonesia tercata sebanyak 2,7 juta orang atau sektar 7500 orang perharinya. Kasus terbaru, tahun lalu Virus zika sudah ditemukan di daerah Jambi. Menurut catatan pihak kesehatan setempat, pasien tersebut tidak pernah keluar negeri atau daerah lain. Dilihat dari kasus tersebut, sebenarnya kita sudah hidup dengan Virus Zika sejak satu tahun yang lalu. 

Virus Zika sama seperti virus demam berdarah, Zika tersebar melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti. Gejalanya juga mirip dengan demam berdarah. Yakni demam mendadak, ruam kemerahan di kulit, nyeri otot dan sendi, mata merah, pusing, serta lemas. Virus ini berdampak ringan bagi sebagian besar orang, tap sangat fatal bagi kesehatan janin. Perempuan hamil yang sudah terinfeksi virus ini akan terancam melahirkan bayi dengan kepala kecil atau mengalami Mikrosefali, serta kelainan otak lainnya. 


Pewarta : Arik 
Editor : Abdi