Kivlan Zen: PKI Gaya Baru Itu Nyata
Cari Berita

Advertisement

Kivlan Zen: PKI Gaya Baru Itu Nyata

30 Sep 2016


Indikatormalang.com - Banyak yang bertanya benarkan Partai Komunisme Indonesia (PKI) masih ada setelah dilarang keberadaanya 1966. Tentu diskusi ini akan banyak mengundang perspektif. Dalam memperingati Gerakan 30 September 1965 yang dilakukan oleh PKI latau lebih dikenal dengan istilah G30S PKI. Mayor Jendral (Purn) Kivlan Zen meberikan gambaran dalm satu kesempatan Simposium Nasional: Refleksi 65 yang diadakan oleh HMI Cabang Ciputat (30/9). 

Kivlan menjelaskan ideologi Komunisme yang terlarang tetap mengalir dari model gerakan-gerakan kiri baru yang digalang oleh kaum tani seperti sedia kala tahun 1926 dan 1948 yang dikomandoi oleh PKI. Walaupu dirinya tidak sepenuhnya menyebut aksi yang dilakukan dengan mengangkat cangkul misalnya sudah bagian PKI. Dirinya hanya memaksudkan model gerakan ini tidak serta merta terjadi secara biasa. Tentu, ada yang memantiknya. Kivlan meyebutnya model ini seperti gerakan ala PKI dengan gaya baru.”Isu dan cara memobilisasi massa sangat mirip, PKI gaya baru itu nyata” ungkapnya. 

Dari keterangannya, perkembangan PKI sebenarnya masih ada. Jelasnya para eks-tapol dan keturnan PKI yang kemudian menganggap korban mendeklarasikan diri pada tahun 2010 di Magelang, Jawa Tengah namun tak semua pihak yang mengetahui. Hal lain yang menurutnya penting, tat kala mereka juga menyokong permintaan maaf Negara pada korban atas pemberantasan anggota PKI silam yang hingga detik ini belum jelas berapa jumlah korban. Karena, menurut Kivlan, korban non PKI dari Pihak Nu, Muhammadiyah dan golongan lain juga banyak dan tak terhitung jumlahnya.”Kita harus tahu tentunya siapa yang memulai,” tegasnya.


Pewarta : MAS
Editor : Dekki