Bursa Transfer Pemain Berahir, Liga Inggris Paling Boros Belanja Pemain
Cari Berita

Advertisement

Bursa Transfer Pemain Berahir, Liga Inggris Paling Boros Belanja Pemain

3 Sep 2016


Indikatormalang.com - Bursa transfer musim panas telah ditutup. Menurut anda liga manakah yang paling boros dalam berbelanja pemain?. Berdasarkan catatan yang dihimpun dari berbagai sumber oleh Indikator Malang, Liga Primer Inggris (EPL) tercatat sebagai liga paling boros di Eropa atau bahkan di dunia. Mereka telah menghabiskan €1,3 milliar Poundsterling atau Rp 19,2 Triliun, jauh lebih besar dari ke empat kompetisi elit Eropa lainnya. 

Bundesliga Jerman hanya menghabiskan €548 juta, Seri A Italia €698 juta, La Liga Spanyol €463 juta, dan Ligue 1 Prancis hanya €190 juta. 

Manchester City tercatat sebagai klub paling boros di EPL dalam membelanjakan pemain. Pengeluaran mereka bahkan mencapai €213 juta (3,1 Triliun). Jumlah tersebut digunakan untuk membeli 10 pemain. Dengan pemain termahalnya John Stone yang dibeli dari Everton dengan harga £47 juta. Sedangkan klub sekota MU berada diurutan kedua sebai klub terboros membelanjakan pemain. Total €185 (2,7 Triliun) juta telah dikeluarkan, diamana salah satunya untuk membeli Paul pogba dari Juventus dengan harga yang sangat fantastis. Sementara Chealsea hanya menghabiskan €141 juta (2 Triliun) dengan pembelian termahalnya adalah David Luiz yang dibeli dari PSG. 

Berbeda dengan liga Inggris, belanja pemain dari klub-klub liga Spanyol justru menurun. Musim lalu mereka menghabiskan belanja sebanyak €574 juta, kini hanya €463 juta. Walupun begitu belnja klub dari liga spanyol tercata masih lebih tinggi dari liga Prancis. tahun ini mereka hanya menghabiskan €190 juta. Total pengeluaran seluruh peserta liga Prancis yang berjumlah 20 klub hampir sama dengan pengeluaran belanja MU pada musim ini. 


Pewarta : Abdel Hak
Editor : Abel Balbo