Ada Apa Dibalik Tubuh Obesitas? Gambar Hasil Otopsi ini akan Menunjukkan Semuanya.
Cari Berita

Advertisement

Ada Apa Dibalik Tubuh Obesitas? Gambar Hasil Otopsi ini akan Menunjukkan Semuanya.

16 Sep 2016


Indikatormalang.com -  Pada saat ini diperkirakan dua dari tiga orang dewasa mengalami kelebihan berat badan (obesitas). Menurut The National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases, satu diantara 20 orang dewasa mengalami kebihan berat badan yang akut.

Pada hari ini Obesitas dikaitkan dengan berbagai isu kesehatan manusia. Kita memahami obesitas sebagai epidemik yang mengancam dan terus berkembang diseluruh dunia.

Namun tahukah kita? Apa sebenarnya Obesitas itu? Bagaimana kondisi badan manusia ketika mengalami obesitas?. Sebuah dokumentari yang dirilis baru-baru ini menunjukkan semuanya.

Sebuah program The BBC Documentary, yang disiarkan pada 13 September 2016,  menunjukkan gambar-gambar menyeramkan kondisi tubuh orang yang mengalami Obesitas. Gambar tersebut diambil dari proses otopsi terhadap seorang perempuan yang mengalami Obesitas. Perempuan tersebut mendonorkan tubuhnya untuk dijadikan bahan penelitian terkait obesitas. Perempuan tersebut meninggal dalam umur 60 tahun akibat komplikasi penyakit yang menyerang livernya. Perempuan yang tidak disebutkan namanya tersebut mempunyai berat badan sekitar 238 pounds dan berasal dari Long Beach, Kalifornia. Dampak dari obesitas yang dialaminya telah menyebabkankan gangguan pada kulit, hati, liver, paru-paru, dan sistem organ yang lainnya.

Dokumentasi yang diberi judul  “Obesity — The Post Mortem” dan disiarkan di chanel BBC Three. Carla Valentine, seorang kurator teknik pada Museum of Pathology at Queen Mary University, memberikan gambaran tentang pengalamannya melakukan otopsi tubuh.

Menurutnya resiko obesitas ada beberapa diantaranya diabetes, penyakit hati, tekanan darah tinggi, penyakit liver, osteoarthritis, strok, dan sebagian kanker.  

Berikut sebagian gambar yang ditunjukkan oleh BBC:

Proses Otopsi terhadap Pendonor

Jaringan kulit pada penderita Obesitas, menurut dokter yang melakukan otopsi, proses penyayatannya sangat keras

Paru-paru yang up-normal
Begitu juga dengan Livernya

Pewarta : Dorna
Editor : Doni