KKN UMM Usung Program Bedah Rumah dan KUBE, Herwanto: Ini Bukan Hal Yang Mudah!
Cari Berita

Advertisement

KKN UMM Usung Program Bedah Rumah dan KUBE, Herwanto: Ini Bukan Hal Yang Mudah!

1 Agu 2016

Indikatormalang.com--Koordinator Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 65 Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menilai, pelaksanaan Program Bedah Rumah dan Pembentukan Kelompok Usaha Bersama (KUBE) yang dilaksanakan di Desa Dadapan, Kecamatan Wajak Kabupaten Malang bukan hal yang mudah, menurutnya inilah media pembelajaran sosial yang sesungguhnya.

"Kami menyadari banyak masyarakat yang menginginkan dapat program ini, tapi kan nggak bisa!, memang ini situasi sulit, tapi ini media pembelajaran yang nyata, dimana level kemampuan adaptasi sosiologis kami benar-benar diuji" jelas Herwanto saat dihubungi Indikator Malang melalui telp selelulernya. Senin, (1/7/2016).

Lebih lanjut, menurut mahasiswa jurusan Civic Hukum Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UMM ini, program semacam ini membutuhkan kehati-hatian, sebab sangat rentan menimbulkan kecemburuan sosial, oleh karenanya, dibutuhkan strategi pelaksanaan yang tepat.

"Alhamdulilah kami memiliki team work yang solid, ini yang membuat semuanya menjadi lebih mudah, pemetaan stakeholders, sosialisasi dan pendekatan persuasif terhadap elemen desa kami lakukan" Imbuh pria yang juga aktif sebagai anggota HMI KIP UMM ini.

Program Bedah Rumah dan Pembentukan KUBE ini merupakan kerjasama Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM) UMM dengan dua Kementerian, yakni Kementerian Sosial (Kemensos) dan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi yang disinergikan dengan program KKN.

Pewarta:  Furkan
Pegiat Indikator Malang