Ingin Gigi Si Buah Hati Sehat, Ini yang Wajib Dilakukan Ayah Bunda
Cari Berita

Advertisement

Ingin Gigi Si Buah Hati Sehat, Ini yang Wajib Dilakukan Ayah Bunda

23 Agu 2016

Indikatormalang.com--Pernahkah ayah bunda mendapat keluhan sakit gigi dari buah hati, bahkan sampai mereka sulit tidur dan makan karena sakit gigi? Mungkin banyak diantara ayah bunda yang mengalaminya. Lalu sebagai orang tua, pernahkan kita berfikir hal apakah yang perlu segera kita lakukan untuk mengantisipasi dan mencegah hal tersebut terjadi?

Pengenalan dan perawatan kesehatan gigi secara dini sangatlah penting. Kelainan rongga mulut dapat terdeteksi secara dini sehingga dapat dilakukan perawatan sederhana yang memungkinkan anak dapat menerima perawatan gigi. Selain itu, kesehatan gigi dan mulut juga sangat penting karena mulut bukan hanya sekedar tempat masuknya berbagai makanan dan minuman, tetapi fungsi mulut lain nya sangatlah penting bagi kesehatan secara keseluruhan dan juga kesejahteraan. Selain penyebaran infeksi, kesehatan gigi dan mulut yang terganggu juga dapat mengakibatkan anak-anak sulit tidur, sulit makan, sulit belajar bahkan sulit berkomunikasi dengan ayah bunda dan orang lain. Hal tersebut tentukan akan berdampak buruk bagi kesehatan dan tumbuh kembang mereka.

Tidak sedikit ayah bunda yang merasa khawatir bagaimana mempersiapkan buah hati pada saat kunjungan pertama untuk perawatan gigi. Tidak sedikit juga ayah bunda yang membawa buah hati nya datang ke dokter gigi ketika anak sedang sakit dan rewel sehingga akan menyulitkan dalam melakukan tindakan perawatan gigi.

Untuk itu, akan sangat membantu jika ayah bunda mulai memperkenalkan sejak dini tentang pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut di rumah, serta memperkenalkan lingkungan perawatan gigi seperti dokter, perawat dan ruang pemeriksaan gigi agar mereka merasa nyaman terlebih dahulu. Mungkin ayah bunda bertanya, usia berapakah anak sudah mulai dapat diperkenalkan dengan lingkungan perawatan gigi?

Anak-anak dapat mulai diperkenalkan dengan lingkungan perawatan gigi sejak usia 18 bulan, dan dapat mulai dilakukan perawatan mulai usia 2 – 3 tahun agar kesehatan gigi dan mulut anak dapat selalu terjaga dan terkontrol. Lalu, apa sajakah yang perlu ayah bunda persiapkan untuk memperkenalkan perawatan kesehatan gigi kepada buah hati?

Ayah bunda dapat memulai persiapan tersebut dengan mengumpulkan pengetahuan tentang kesehatan gigi dan mulut terlebih dahulu dan kemudian dapat menyampaikan kepada buah hati dengan metode yang berbeda dan menarik sehingga anak merasa senang dalam menjaga kebersihan dan kesehatan gigi dan rongga mulut nya. Selain itu ayah bunda juga dapat mulai melatih motorik buah hati untuk berlatih menyikat gigi sendiri dan melakukan nya bersama-sama jika memungkinkan agar buah hati lebih bersemangat lagi untuk melakukan nya.

Kunjungan pertama ke dokter gigi merupakan momen yang sangat penting karena dari kunjungan pertama, anak akan mulai mengenal dan beradaptasi dengan seluruh komponen yang ada di lingkungan perawatan gigi. Sikap Dokter, perawat, dan juga suasana ruangan juga sangat menentukan kesan pertama buah hati anda untuk dapat menerima dan melanjutkan perawatan. Hal ini juga penting, karena pada masa kanak-kanak akan ada banyak perawatan yang akan dilalui oleh buah hati. Mulai dari perawatan pencegahan karies atau gigi berlubang sampai pergantian gigi geligi. Jadi kesan pertama buah hati kepada lingkungan perawatan gigi sangatlah penting untuk menentukan kelanjutan perawatan kesehatan gigi buah hati kita.

drg. Linda Sutarjo
lindasutarjo2014@gmail.com 
Praktek: 
1. Klinik Tumbuh Kembang Anak dan Remaja Pela 9 
2. Klinik Pratama BPSDM Kementerian Dalam Negeri RI