Fahry Ali: Politikus Harus Perbaiki Penyampaian Gagasannya Kembali
Cari Berita

Advertisement

Fahry Ali: Politikus Harus Perbaiki Penyampaian Gagasannya Kembali

28 Agu 2016

Indikatormalang.com--Resperesentasi demokrasi lewat para pejabat pemerintah masih dirasakan sangat kurang dalam menunjukkan kualitas komunikasi politiknya. Hal ini, dilihat dari kinerja yang masih sangat minim hasil dari apa yang bisa dirasakan oleh masyarakat saat ini. Sehingga terlihat kurang sering mengasah diri dan miskin gagasan dalam setiap persoalan. Begitulah komentar pengamat politik  Fahry Ali saat mengoreksi perilaku politik di acara "Mengenang Cak Nur dan Kontekstualisasi Arah Perjuangan HMI" yang diadakan oleh Bakornas LAPMI PB HMI di kantor PB HMI (27/8). 

Peneliti senior LIPI tersebut mengungkapkan, kosongnya gagasan yang ditunjukkan oleh pelaku politik dalam hal ini pejabat pemerintahan akan sangat berpengaruh terhadap tingkat kesuksesan kerja dan kepercayaan dalam masyarakat. Sehingga, pelaku politik hanya mengungkapkan bahasa kosong dan tak bisa diserap isi gagasanya oleh masyarakat. "Sudah seharusnya para pemimpin itu cerdas isi gagasanya, jadi tidak asal bicara, mereka juga harus banyak membaca dan mengkaji lebih dalam dari semua persoalan," ungkap Komisaris Utama PT. Timah Tbk tersebut.

Di samping itu, dia menambahkan butuhnya kader masa depan terutama anak muda yang terus mengilhami dari nilai luhur dan cinta ilmu pengetahuan. karena gagasan menurutnya tidaklah instan melainkan butuh perenungan dan pemahaman yang pajang. Dalam hal itu, Fahry Ali mencontohkan tentang bagimana berperilaku seorang bangsawan dan negarawan seperti yang ditunjukkan Alm. Nurcholish Madjid, bahwa pemimpin harus berperilaku santun dan cerdas namun tepat sasaran, tentunya diimbangi dengan pengalaman keilmuan sebagai bekalnya dalam memimpin."Kalau dicermati pesan Cak Nur sudah sangat jelas tentang itu, tinggal bagaimana kita mau membaca dan berani mengerjakannya," tegasnya saat memberikan keterangan. (MD)