Perilaku Narsistik Merupakan Penyakit Mental
Cari Berita

Advertisement

Perilaku Narsistik Merupakan Penyakit Mental

20 Jul 2016


Indikatormalang.com -Seorang Narsisistik mampu menjatuhkan keyakinan diri anda dengan cara yang begitu licik sehingga anda bisa mempercayai bahwa anda yang sebenarnya bersalah terhadap mereka.

Dalam Psikologi Klinis, Narsistik dikategorikan sebagai salah satu penyakit kepribadian Kluster B, dan dinamakan sebagai Narcissistic Personality Disorder.

Ciri-ciri utama pada orang narsistik:
1) Merasakan diri begitu hebat (grandiosity)
2) Selalu merasa perlu dikagumi (need for admiration)
3) Kurang empati (lack of empathy)
4) Mengambil kesempatan atas orang lain untuk kepentingan dirinya sendiri (interpersonally exploitative)
5) Selalu dengki kepada kesuksesan orang lain atau merasakan orang lain selalu dengki kepada kesuksesan   dirinya
6) Menunjukkan tingkahlaku yang sombong dan congkak Kadang kala mereka ini merasa kelihatan sangat hebat dan dikagumi oleh banyak orang.

Namun, sekiranya kita mengenali mereka dengan lebih mendalam, kita akan merasakan bahwa personaliti mereka tersebut bermasalah dalam hal sikap, tingkah laku, kata-kata dan pembuatan keputusan mereka.

Ciri-ciri penyakit kepribadian sangat sulit untuk dideteksi. Oleh karena itu, tidak banyak orang yang berani berterus terang dan berkonsultasi dengan para ahli. Malah, secara umum bisa dikatakan mereka ini amat sangat susah untuk berubah (poor prognosis).

Sebagai catatan, tidak semua orang yang mempunyai ciri-ciri tersebut bisa dikatakan sebagai orang yang memiliki kepribadian Narsisistik. Hanya para ahli yang bisa mendiagnosa saja yang bisa memberikana keputusan, cukup bagi kita untuk mengetahui indikasinya saja.

Penulis : Dekki
Editor : Heri