Sahur...Sahur, Beginilah Setianya Pemuda Dusun Dawuhan Tradisikan Musik Patrol
Cari Berita

Advertisement

Sahur...Sahur, Beginilah Setianya Pemuda Dusun Dawuhan Tradisikan Musik Patrol

28 Jun 2016

Foto: Heri/IM
Indikatormalang.com- Perkembangan teknologi gadget ternyata tak membuat tradisi musik patrol sepi, justru keberadaannya masih tetep diminati anak-anak muda sebagai sebuah tradisi di setiap bulan Ramadhan.

Salah satunya seperti  ditunjukkan anak-anak muda Dusun Dawuhan, Tegalgondo, Karangploso Malang. Melalui wadah Karang Taruna, tradisi itu masih dipegang erat. Terbukti di Ramadhan ini, alunan musik Patrolnya masih rancak terdengar  di sudut-sudut kampung, seakan tak mau kalah dengan pengeras suara TOA di Masjid Al-Hidayah Dawuhan.

Alat musik yang digunakannya terbilang cukup sederhana, hanya berbekal beberapa kentongan, kaleng bekas biskuit, dan drum mereka tampak bersemangat memainkan alat musik patrolnya menelusuri jalan-jalan kampung, sembari meneriakkan yel yel Sahur...sahur. Entah apakah warga yang terbangun karena ada musik patrol ataukah karena aplikasi Android ya, yang penting bagi mereka adalah tradisinya.

"Yang penting kompak, dan kami masih nyaman dengan cara tradisonal ini" ujar Pria yang akrab disapa Buluk, pentolan pemuda Dusun Dawuhan, Selasa (28/5/2016).

Semalaman mereka mengaku tidak tidur, biasanya mereka berkumpul di Pos Karang Taruna atau warkop terdekat. Adapun rute patrolnya mengikuti jalan aspal desa, dimulai dari Pos Karang Taruna kearah barat dan timur hingga kembali lagi ke pos. Kegiatan ini biasanya dimulai pukul 02.00 dan berakhir pukul 03.30 WIB. Semoga terus terjaga ya dan jangan lupa sahur juga...Bravo pemuda Dawuhan.

Pewarta: Heri K
Pegiat Indikator Malang