Penting, Pahami Kode Stiker Pada Buah Buahan
Cari Berita

Advertisement

Penting, Pahami Kode Stiker Pada Buah Buahan

30 Jun 2016

Indikatormalang.com - Ketika anda membeli buah di swalayan, pasti anda akan menemukan stiker yang menempel pada buah yang akan anda beli.

Tahukah Anda? Kode pada stiker tersebut mengandung banyak informasi yang perlu anda ketahu sebagai seorang konsumen. Informasi yang terkandung diantaranya bagaimana proses buah tersebut tumbuh, apakah buah tersebut hasil rekayasa genetika, proses organik atau diproduksio dengan mencampur bahan-bahan kimiawi seperti fungisida dan herbisida.

Bagaimana cara membaca kode tersebut?.

1. Bila kode yang tertera terdiri dari empat angka, kode tersebut menunjukkan jenis buah tersebut merupakan hasil dari penanaman secara konvensional yang menggunakan pupuk bukan organik dan ber-pestisida.

2. Bila kode yang tertera terdiri dari lima angka dan angka pertama dimulai dengan angka 8, kode tersebut menunjukkan bahwa buah tersebut adalah hasil dari modifikasi genetika dan pastinya tidak alami. Buah tersebut ditanam dengan cara konvensional menggunakan pupuk bukan organik.

3. Bila kode yang tertera terdiri dari lima kangka dengan angka pertama dimulai dari angka 9, maka kode tersebut menunjukkan bahwa buah tersebut merupakan hasil menanam  secara organik dan pupuk yang digunakan sama sekali tidak menggunakan bahan-bahan kimia yang berbahaya.

Contoh kode Stiker
 
Pada bua apel  kodenya 4139. artinya apel tersebut ditanam secara konvensional namun tidak sepenuhnya organik karena ada campuran pestisida. Jika kodenya 84139, artinya apel tersebut ditanam secara konvensional, non organik, dan ada rekayasa genetik. Jika kodenya 94139, artinya apel tersebut ditanam secara konvensional dan menggunakan pupuk organik.

Setelah anda mengetahuinya, maka carilah buah yang berkode angaka 9 pada angka kode pertama, karena buah tersebut merupakan buah yang paling sehat secara kualitas. Hindari kode buah yang dimulai dari angka 5.

Sebagai tambahan informasi, ada bebera jenis cara penanaman dari buah-buahan. Pertama cara konnvensional. Tanaman ditanam dengan cara tekonologi  modern dan pupuk yang digunakan berasal dari bahan-bahan kimia dan menggunakan pestisida. Cara yang kedua adalah penanaman organik. tanaman ditanam dengan cara tradisional dan pupuk yang digunakan berbahan organik (pupuk Kandang).


Pewarta : Mad Sholeh
Editor : Dekki