Kepler 1647b, Planet Baru Dengan Dua Matahari
Cari Berita

Advertisement

Kepler 1647b, Planet Baru Dengan Dua Matahari

14 Jun 2016

Indikatormalang.com - Pernahkann anda menonton salah satu film Star Wars ketika Luke skywalker melihat dua buah matahari dari planet Tatooine?. Dalam film tersebut melihat dua matahari sekaligus mungkin terkesan fiksi.

Namun, tahukah kita bahwa planet yang dikelilingi dua buah matahari itu ternyata ada dan nyata. Sebuah planet terbesar pernah terlihat dan ditemukan mengorbit pada dua buah matahari. Planet tersebut bernama planet Kepler 1647b.

Sebuah tim astronom dari NASA Goddard Space Flight Center di Greenbelt Maryland, dan San Diego state university (SDSU) di california menggunakan NASA Kepler Space Telescope untuk mengidentifikasi planet baru tersebut. Dimana planet baru tersebut dinamai sesuai nama teleskopnya.

Planet ini letaknya 37000 tahun cahaya dan diperkirakan berusia 4,4 milyar tahun hampir sama dengan umur bumi. Kepler memiliki dua bintang yang mengorbit mirip matahari. hanya saja keduaa bintang tersebut memiliki ukuran yang berbeda.

Planet kepler memiliki massa dan radius yang hampir identik dengan planet Jupiter. Planet tersebut memerlukan 1.107 hari atau lebih dari tiga tahun untuk mengorbit induk bintangnya. Periode yang panjang menjadikan Kepler sebagai planet yang memiliki periode terpanjang diantara planet-planet yang lain yang pernah ditemukan pada saat ini.

Karakteristiknya yang mirip Jupiter planet ini memiliki gas raksasa, menjadikan planet ini sulit untuk didiami oleh manusia.

Pewarta: Abdi A.
Editor : Hery K.
Photo : Istimewa