Jelang Lebaran, Jasa Tukar Uang Baru Semakin Laris Manis.
Cari Berita

Advertisement

Jelang Lebaran, Jasa Tukar Uang Baru Semakin Laris Manis.

28 Jun 2016

Foto: Dahlan/IM
Indikatormalang.com-Sepekan menjelang hari Lebaran, penyedia jasa penukaran uang baru dan pecahan kertas laris manis. Masyarakat sepertinya lebih memilih jasa penukaran uang di seputaran alun alun Kota Malang dibanding mendatangi layanan penukaran uang yang disediakan oleh kantor perwakilan Bank Indonesia (BI) yang berada di Jl. Merdeka Utara No.7, Kiduldalem, Klojen, Kota Malang.

"Ketimbang antre di bank, mendingan tukar disini aja cepet mas, cuma bayar 10 ribu setiap 100 ribunya, ini persiapan dibagi-bagi sama anak anak pas lebaran".  ungkap perempuan yang mengaku bernama Santi. Selasa, (28/6/2016).

Manisnya bisnis musiman ini tentu membawa berkah tersendiri, seperti yang dirasakan oleh Edi (47), warga Gadang Gg.17 yang sehari hari menjajakan jasa penukaran uang baru dan pecahan kertasnya di depan perwakilan kantor Bank Indonesia Kota Malang.  

"Sebulan keuntungannya 7-10 juta mas, lumayan buat berlebaran" kata Edi. Sementara terkait dengan  adanya fatwa MUI yang mengharamkan bisnis jual beli uang baru, menurutnya belum ada pengaruh yang berarti, justru masyarakat kian hari tambah banyak, kilahnya. 

Pewarta: Dahlan A.
Pegiat Indikator Malang.