Inilah Aksi Koin Paling Sukses di Indonesia
Cari Berita

Advertisement

Inilah Aksi Koin Paling Sukses di Indonesia

27 Jun 2016

Indikatormalang.com--Di era Media Sosial (Medsos), ada saja cara yang dilakukan kelompok masyarakat untuk  menyampaikan aspirasinya, salah satunya yang populer adalah model aksi pengumpulan koin. Kesuksesan aksi solidaritas Koin Untuk Prita pada tahun 2009 akhirnya mengispirasi banyak aksi di Indonesia. Berikut ini adalah 4 aksi pengumpulan koin yang paling sukses di Indonesia yang dirangkum Indikatormalang.com:

1. Aksi Solidaritas Koin Peduli Prita
via.me
Berawal dari tulisan keluh kesahnya tentang pelayanan RS Omni Internasional di surat elektronik, Prita digugat secara hukum  atas dakwaan pencemaran nama baik dengan hukuman denda yang harus dibayarkan Prita sebesar Rp204 juta, kasus ini kemudian menjadi viral di media sosial dan sukses meraih simpati publik lewat aksi pengumpulan koin di berbagai daerah. Aksi solidaritas Koin Peduli Prita ini  berhasil mengumpulkan uang koin sumbangan masyarakat dari seluruh Indonesia sebesar Rp825.728.550.


2. Aksi Koin Untuk SBY
viva.co.id
Aksi koin untuk presiden SBY cukup terbilang sukses, pasalnya orang mantan orang nomor satu di Indonesia itu sempat merasa tersinggung dengan maraknnya aksi penggalangan koin tersebut. “Sangat tersinggung (dengan gerakan koin untuk presiden). Bagimana tidak(tersinggung), wong beliau sama sekali tak mengeluh (soal gaji),” kata Sudi via beritasatu.com. Aksi penggalangan koin di berbagai daerah ini merupakan buntut dari pernyataan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengenai gajinya yang tidak naik selama tujuh tahun. 

3. Aksi Koin Untuk Australia
bbc.com
Aksi ini merupakan tanggapan atas pernyataan Perdana Menteri Australia Tony Abbott yang memprotes rencana hukuman mati terhadap dua warganya, Andrew Chan dan Myuran Sukumaran dengan mengungkit bantuan dari negaranya kepada Indonesia saat tsunami Aceh 10 tahun lalu. Aksi ini membuat Tony Abbott mendapat kecaman dari warganya sendiri, salah satunya menyebut Tony Abbott pemimpin idiot. "#KoinuntukAustralia Please don't hate Australia just because our leader is an idiot. We gave that money because we cared, no strings attached," cuit akun @Volvo_of_doom.  "Tolong jangan benci Australia hanya karena pemimpin kami idiot. Kami memberikan uang itu karena kami peduli, tidak ada maksud lain."

4. Aksi  Donasi Untuk Saini
KompasTv
Aksi simpatik untuk ibu Saini penjual nasi di Kota Serang, Provinsi Banten dalam hitungan 36 jam sukses menggalang donasi masyarakat sebesar Rp. 265 juta lebih, bahkan tidak sedikit mengundang elit politik nasional memberikan kecamannya.  Aksi ini dilatarbelakangi oleh aksi penegakan Peraturan Daerah (Perda) oleh Satpol PP yang ditayangkan salah satu televisi swasta. Netizen sangat kecewa atas cara kasar petugas, yang dengan seenaknya merampas dan menyita makanan di dalam warteg. Meskipun ibu pemilik warteg tersebut sudah minta maaf dan minta ampun.


Pewarta: Hendik
Pegiat Indikator Malang