Euro 2016 Hadir dengan Format Kompetisi Baru
Cari Berita

Advertisement

Euro 2016 Hadir dengan Format Kompetisi Baru

7 Jun 2016

Indikatormalang.com--Turnamen sepak bola antar negara eropa (Euro) 2016 bakal menjadi ajang yang ditunggu pecinta sepak bola dunia. Ditambah lagi, format kompetisi berbeda dari ajang sebelumnya yang hanya empat grup kini telah ditambah dua fase grup. Sehingga jumlah sekarang enam fase grup dengan masing-masing empat negara peserta di dalam grup.

Pada fase babak penyisihan grup A ditempati Albania, Prancis (host), Romania, Swis. Grup B: Inggis, Rusia, Slovenia, Wales. Grup C: Jerman, Irlandia Utara, Polandia, Ukraina. Grup D: Kroasi, Republik Ceko, Spanyol, Turki. Grup E: Belgia, Italia, Republik Irlandia, Swedia. Sedangkan grup F ada Tim nasional Austria, Hungaria, Islandia, Portugal.

Dari negara-negara yang akan berlaga, negara eropa seperti Wales, Irlandia Utara, Albania dan Islandia merupakan kontestan baru yang mewarnai gemerlap Euro yang digelar kurang dari sebulan. Yakni, mulai tanggal 10 Juni hingga 10 Juli.

Bisa dikatakan, format dan regulasi yang dibuat Union of European Football Associations (UEFA) tersebut, diisi oleh pesesta merata sekaliber tuan rumah Prancis, Jerman, Spanyol, Inggris, Italia dan Portugal yang dijagokan juara, sampai peserta minim jam terbang.

Sementara itu tim ‘kuda hitam’ diramalkan mampu menjegal langkah tim besar lainnya. Meski dari segi partisipasi belum sekalipun mengikuti turnamen sekelas Euro secara penuh yang digelar empat tahun sekali itu.

Pewarta: Heri Kiswanto
Pegiat Indikatormalang.com