Cuaca Tak Kondusif, Satelit BRI Kembali Gagal Diluncurkan
Cari Berita

Advertisement

Cuaca Tak Kondusif, Satelit BRI Kembali Gagal Diluncurkan

18 Jun 2016

Foto: ekbis.sindonews.com
Indikatormalang.com – Peluncuran satelit BRIsat  (BRISAT) kembali mengalami penundaan dikarenakan faktor cuaca yang tidak kondusif. Faktor cuaca ini sangat krusial dalam peluncuran sebuah satelit, sehingga Arianespace berkordinasi dan memutusakan untuk menunda peluncuran yang di mana jadwal awal peluncuran pada pukul 04.30, 18 Juni 2016 ditunda selama satu hari.

BRISAT sendiri merupakan satlit pertama di indonesia bahkan di dunia yang dimiliki oleh perusahaan perbankan. Tujuan dari peluncuran satlit ini sendiri adalah untuk memajukan pelayanan secara maksimal kepada nasabah BRI di seluruh nusantara baik di perkotaan maupun di pelosok desa, selain itu adanya BRISAT dapat menghemat biaya komunikasi sebasar 40%.

Menurut Primanio selaku salah satu anggota Engenir BRISAT “Perisapan dari BRISAT talah di mulai pada tahun 2013, setelah itu kontrak resmi di lakukan bersama Space Systems/Loral, LLC (SSL) dari USA dan Arianespace dari Perancis pada 28 April 2014 dan dimulainya disign dari BRISAT”

BRISAT sendiri akan dikendalikan dari kendali satlit di Ragunan oleh 52 engenir tanah air yang telah menempuh berbagai training di amerika serikat.

Pewarta: Abdi Nugraha
Pegiat Indikator Malang