Prof. Djamaludin Ancok: Pernyataan Saut Situmorang Itu Sadar
Cari Berita

Advertisement

Prof. Djamaludin Ancok: Pernyataan Saut Situmorang Itu Sadar

12 Mei 2016

Indikatormalang.com – Pernyataan over generalisasi Wakil Ketua KPK Saut Situmorang yang menyebut kader HMI jika menjadi pejabat menjadi curang, jahat dan greedy menuai banyak kecaman.

Menanggapi polemik tersebut, Saut meminta maaf dan berkilah bahwa pernyataan tersebut muncul dari alam bawah sadarnya.

"Harapan besar saya ada pernyataan saya itu, bahwa HMI sebagai lembaga besar yang harus terus berkembang, dan itu pernyataan saya keluar dari alam bawah sadar saya, saya inginnya tidak ditindaklanjuti," ungkap dia. 

Terkait dengan alasan Saut tersebut, Prof. Jamaludin Ancok, Ph.D pakar Psikologi Sosial UGM mempunyai pandangan berbeda. 

“Dalam Pandangan Psikologi, itu sadar! dia tidak bisa seperti itu, dalam kognisi ada teori persaingan, ada perlombaan (race), karena dia terlalu banyak berpikir tentang itu sehingga itu yang akan muncul, mana yang paling kuat dalam memori, itu yang akan muncul. Jika hal-hal yang baik dipikirkan maka yang baik akan muncul, jika buruk yang sering dipikirkan maka itu yang muncul’ Ungkapnya kepada Indikator Malang disela-sela acara seminar nasional Psikologi Kepemimpinan dan Inovasi di Universitas Gajayana Malang. Kamis, (12/5/2016).


Pewarta : Dik
Editor : Heri K.
Photo : Indikator Malang