Kekeringan Melanda Sepanjang Tahun UEA Membuat Gunung Buatan
Cari Berita

Advertisement

Kekeringan Melanda Sepanjang Tahun UEA Membuat Gunung Buatan

5 Mei 2016

Indikatormalang.com - Bersyukurlah kita hidup di Bumi Indonesia dibeberapa kawasan Timur tengah Mengalami kekeringan akut. Tak pelak keadaan tersebut memaksa beberapa Negara yang berada dikawasan teresebut mencari berbagai cara untuk mengatasinya.

Uni Emirat Arab punya cara yang sangat unik. Untuk meningkatkan curah hujan Negeri tersebut melakukan sebuah rekayasa dengan cara membuat gunung buatan. Dengan cara tersebu diharapkan akan merubah pola cuaca dan akan meningkatkan curah hujan.

Tujuan gunung buatan itu juga untuk membuat kenaikan udara dan diharapkan akhirnya menciptakan awan yang bisa dipakai untuk menghasilkan hujan. "Apa yang kami dalami dan evaluasi pada dasarnya mengevaluasi dampak pada cuaca melalui jenis gunung. Bagaimana gunung (buatan) itu bisa seharusnya dan bagaimana seharusnya lereng (gunung) tersebut," kata Roelof Bruintjes dari NCAR Seperti dikutip dari Arabian Business (5/5/16).

Proyek tersebut akan berada di bawah supervise para ahli dari University Corporation for Atmospheric Research (UCAR), Amerika Serikat. "Membuat sebuah gunung itu bukan hal yang sederhana. Kami masih sibuk menyelesaikan penggabungan, jadi kami mengerjakan semua jenis bobot, lebar, dan lokasi (secara simultan) pada iklim lokal," tambah Bruintjes.

Studi pembuatan gunung tersebut telah menghabiskan dana sebesar US$400 ribu.

Pewarta : Ferdi H.
Editor : Heri S.
Photo : Istimewa