Tantangan dan Solusi Pembangunan Ekonomi Berbasis Komunitas
Cari Berita

Advertisement

Tantangan dan Solusi Pembangunan Ekonomi Berbasis Komunitas

23 Apr 2016


Indikatormalang.com - Bertempat di rumah makan Joglo Dau Jalan Ijen 79 Malang. Jum’at (23/4/16) Korp Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Malang kembali menggelar diskusi bulanan. Kali ini mengambil tema "Tantangan dan Solusi Community Economic Development (CED)".

Hadir sebagai pembicara Dr. Djuni Farhan, S.E, M.Si Wakil Rektor II Universitas Gajayana Malang. Diskusi ini dipandu langsung oleh bapak Burhanudin sebagai moderator.

Dalam diskusi yang dihari oleh puluhan peserta ini berlangsung gayeng dan penuh kekeluargaan.

Dalam pemaparannya, pembicara banyak sekali memaparkan hambatan-hambatan dan pendekatan yang bisa digunakan dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat. “Komunitas akan tumbuh jika Pendidikan, pembangunan sektoral (teknologi, industri, ekonomi, politik, dan birokrasi), difusi-inovasi, tekanan penduduk, perubahan budaya, dan peran media massa semakin kuat” ungkap beliau kepada para peserta diskusi.

Jika hambatan tersebut masih belum teratasi solusinya menurut beliau harus dilakukan intervensi dengan cara membangun kesadaran, advokasi, mendorong ketersediaan sumber daya serta membuat asosiasi

Tantangan terbesar menurut beliau dalam pemberdayaan adalah bagaimana caranya meningkatkan partisipasi, membangun kesetaraan, dan pembangunan yang keberlanjutan. Harapannya kedepan pengembangan ekonomi bisa menggunakan pendekatan educare, ecocare, healthcare, dan youthcare.

Pewarta : Dekki
Editor : Hery S.