Supernova Akan Menjadi Fenomena Alam Terdahsyat..!!
Cari Berita

Advertisement

Supernova Akan Menjadi Fenomena Alam Terdahsyat..!!

11 Apr 2016

Foto: Asterooid/istimewa
Indikatormalang.com--Penantian para Astronom selama setengah abad untuk meneliti fenomena meledaknya bintang, akan terjadi dalam jarak 325 tahun cahaya dari Bumi. Supernova atau ledakan bintang tersebut merupakan cara bagi sebuah bintang mengakhiri hidupnya melalui peledakan dalam bidang ilmu Astrologi.

Peneliti dari Institut Teknologi Jerman Dieter Breitschwerdt, telah menemukan dua supernova terakhir pada 2,3 juta tahun yang lalu sebelum spesies manusia “Homo sapiens” ada. Sesuai yang dipublikasikan di jurnal “Nature” supernova yang berjumlah dua buah tersebut, berjarak sekitar 290-325 tahun cahaya dari Bumi.

Penelitian lain dari Universitas Nasional Australia yang dilakukan oleh Anton Wallner menunjukkan besi-60 berasal dari supernova yang berdekatan dengan Bumi, yakni di Samudra Pasifik, Atlantik dan Hindia yang terjadi pada 1,5-3,2 juta tahun lalu dan pada 6,5-8,7 juta tahun lalu.

Radiasi sinar supernova dapat memicu mutasi kehidupan di Bumi, serta bisa berpengaruh terhadap evolusi manusia, seperti halnya peningkatan ukuran otak dan lain sebagainya. Jika jarak supernova dengan Bumi berkisar 30-45 tahun cahaya dari Bumi.

Meskipun begitu, supernova yang berjarak pada 300 tahun cahaya tidak akan memusnahkan kehidupan dan makhluk hidup di Bumi. Namun mempengaruhi perubahan iklim yang memicu kelestarian fauna global. Sebelumnya hal ini pertama kali terjadi akhir era geologi Miosen atau 8 juta tahun lalu.

Pewarta:Heri Kiswanto
Pegiat Indikatormalang.com