Selamat, TNI Pasukan Militer Terbaik Se Asean
Cari Berita

Advertisement

Selamat, TNI Pasukan Militer Terbaik Se Asean

15 Apr 2016

Indikatormalang.com - Berdasarkan rangking yang dimuat dalam situs Global Firepower 2016, Indonesia merupakan negara dengan militer terkuat di Asia Tenggara. Disusul Vietnam diperingkat kedua dan Thailand diperingkat ketiga. 

Untuk peringkat skala gobal Indonesia berada diperingka 14 berada dibawah Pakistan yang berada diperingkat ke 13. Posisi tersebut mengalami penurunan dibanding peringkat tahun lalu, dimana selama dua tahun berturut-turut Indonesia berada diperingkat 13 dunia sejak tahun 2015. Uniknya lagi, ternyata Indonesia masih dua tingkat di atas Israel. 

Negara-negara Asia Tenggara lain dalam daftar ini adalah : Vietnam berada di posisi 17, Thailand di rangking 20, Myanmar rangking 33, Malaysia rangking 34, Filipina di 51, dan Singapura posisi 64, Kamboja di 88, dan Laos di peringkat 121. 

Sementara untuk peringkat pertama Negara dengan militer terkuat masih dipegang AS sebagai Negara adidaya. Amerika Serikat menduduki peringkat pertama dari 126 negara yang disurvei, kemudian disusul Rusia, China dan India di posisi dua, tiga, dan empat. 

Global Firepower membuat beberapa criteria khusus untuk melakukan pemeringkatan tidak hanya dibuat berdasarkan jumlah senjata yang dimiliki suatu negara. Namun, mereka juga memfokuskan penelitian pada keanekaragaman dan keseimbangan persenjataan yang dimiliki negara masing-masing. 

Sedikitnya, ada 50 faktor yang dipakai untuk memberikan penilaian pada kekuatan militer suatu negara. Beberapa faktor yang dijadikan pertimbangan antara lain: faktor geografis, fleksibilitas logistik, sumber daya alam, dan industri lokal. 

Jumlah sumber daya memang menjadi faktor kunci, di mana negara dengan populasi penduduk lebih besar cenderung berada di rangking lebih tinggi di banding negara lain yang memiliki populasi penduduk lebih kecil. Selain itu, negara-negara yang tidak memiliki wilayah laut, tidak dinilai ketiadaaan angkatan lautnya, sedangkan negara yang punya angkatan laut dibandingkan satu sama lain dengan keberagaman aset yang dimiliki. 

Negara-negara anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) seperti AS, Prancis, Inggris, Turki, dan Jerman berada di peringkat-peringkat atas, lantaran dinilai berdasarkan asumsi bahwa negara-negara tersebut berbagi sumber daya militer. Namun, kepemimpinan politik maupun militer yang sedang berkuasa saat ini tidak turut berpengaruh. 

Pewarta : Adiluhung
Pegiat Indikator Malang sekaligus Pengamat Dunia Militer