Waduk Selorejo antara Ikan Wader, Mancing, dan Kebun Jambu
Cari Berita

Advertisement

Waduk Selorejo antara Ikan Wader, Mancing, dan Kebun Jambu

7 Mar 2016

Indikatormalang.com – Menikmati kuliner berupa lalapan wader pedas, memetik buah segar dari kebun, dan pergi memancing tentu merupakan aktivitas yang menyenangkan dan murah. Tapi, mungkinkah melakukan tiga-tiganya sekaligus dalam waktu bersamaan?. Pasti bisa! Datanglah ke Waduk Selorejo.

Taman wisata Waduk Selorejo merupakan milik Perum Jasa Tirta I. Dibangun pertama kali pada tahun 1970 dengan membendung aliran sungai Kali Konto, Lahar Kletak, Kali Kwayangan dan beberapa sungai kecil. Waduk ini dulunya merupakan kampung keledak yang ditenggelamkan untuk pembangunan Waduk.

Lokasi waduk berada di kecamatan Ngantang kurang lebih 43Km ke arah barat dari kota Malang. Ngantang berada di ketinggian sekitar 600 mdpl dan dikelilingi oleh 4 Gunung sekaligus (Gunung Kelud, Gunung Kawi, Gunung Arjuno, dan Gunung Anjasmoro).

Saat tiba di Daerah Selorejo, Indikator Malang disambut sejuknya hawa khas pegunungan. Taman wisata ini cukup luas dan sejuk. Cocok untuk refreshing melepaskan penat bersama anggota keluarga. Ada banyak kegiatan wisata yang bisa di lakukan oleh pengunjung. Tersedia taman untuk bermain bagi anak-anak. Sarana dan fasilitas pendukung lainnya adalah lapangan golf, lapangan tenis, tempat perkemahan, penginapan, restoran, area pemancingan, persewaan perahu serta permainan ski air, dan area parkir yang cukup luas.

Selain itu, di Taman Selorejo ini ada jembatan gantung yang sekilas mirip jembatan di Amerika. Melewati jembatan gantung ini cukup memacu adrenalin. Pasalnya, jembatan ini tidak memiliki tiang pondasi bawah namun hanya berupa seutas baja yang ditarik di kedua ujungnya. Alhasil, jika dilewati jembatan akan bergoyang – goyang.

Menikmati kuliner khas waduk Selorejo di warung-warung yang berjejer disepanjan jalan menuju lokasi merupakan hal yang tidak boleh dilewatkan. Ada ikan wader, udang, gurami, dan mujahir. Namun, masakan kuliner yang terkenal di lokasi ini adalah masakan lalapan ikan Wader yang membuat ketagihan.

 Bagi Anda yang suka memancing, tempat ini juga sangat cocok. Pengunjung bisa memancing sepuas-puasnya tanpa dipungut biaya. Di sana ada ikan mujair, tawas, wader, tombro atau udang kecil.

Jika belum puas anda bisa berperahu ke Pulau Jambu yang terletak di tengah waduk dengan luas mencapai tujuh hektar lebih. Di pulau ini terdapat ratusan pohon jambu klutuk atau jambu biji. Masuk ke area kebun jambu anda dipungut tiket sebesar 2500 dan anda bisa makan jambu sepuasnya. Jika anda ingin membawa pulang jambu sebagai oleh-oleh satu kilonya dihargain 3000 rupiah. Dikebun ini juga cocok untuk dijadikan sebagai tempat outbound, mengingat tempatnya yang cukup luas dan representatif.

Untuk mencapai Pulau Jambu, anda bisa menggunakan perahu Garuda yang disediakan oleh jasa tirta. Tarif jasa perahu menggunakan sistem paket, 125.000 jika anda ingin mengelilingi waduk selorejo plus kebun jambu, jika anda hanya ingin berkeliling saja cukup mengeluarkan 100.000. Harga tersebut bukan untuk perorangan tetapi bisa disewa beramai-ramai.

Tips ke Waduk Selorejo 

  1. Waduk yang berjarak kurang lebih 43 Km dari malang ini bisa ditempuh menggunakan bus dari Teriminal Langdungsari jurusan Kediri atau Jombang atau juga sebaliknya bisa ditempuh dari Kediri minta turun di Pertigaan Desa Selorejo. Dari Pertigaan Selorejo bisa menggunakan angkutan bison atau ojek ke Waduk Selorejo
  2. Tike masuk Area waduk Selorejo Rp 15.000 
  3. Usahakan jangan datang waktu hujan 
  4. Datanglah beramai-ramai untuk menghemat pengeluaran

Pewarta : Dik
Pegiat Indikator Malang