Sembilan Tanda Anak Anda Berpotensi Jenius
Cari Berita

Advertisement

Sembilan Tanda Anak Anda Berpotensi Jenius

21 Feb 2016

Indikatormalang.com – Kenali tanda-tanda perkembangan dan potensi anak anda sejak dini. Tumbuh kembang seorang anak bisa diamati mulai umur 1 tahun hingga Sembilan tahun.

Cara ini sangat penting sekali. Dengan cara tersebut kita bisa membantu proses tumbuh kembang seorang anak.

Ada Sembilan ciri-ciri seorang anak akan jenius. Apa saja itu  Berikut beberapa ciri yang dihimpun dari berbagai sumber oleh indikatormalang.

1. Usia 1-2 Tahun - Berbicara lebih dari Satu Bahasa
Di usia ini anak berpotensi  memiliki IQ yang tinggi apabila seorang anak bisa berbicara lebih dari satu bahasa dibandingkan dengan orang tua yang melahirkannya yang hanya bisa berbicara satu bahasa. kesimpulan ini berdasarkan sebuah penelitian dalam Jurnal Child Development Amerika.

2. Usia 3 Tahun - Badan Lebih Tinggi dari Rata-rata
Menurut hasil studi yang dilakukan oleh Biro Nasional Ekonomi Inggris, anak yang berada dalam rentang usia 3 tahun bisa dikatakan cerdas apabila tinggi badan si kecil lebih tinggi dari badan rata-rata anak lainnya.

3. Usia 4 Tahun - Pandai Melukis dan Menggambar
Sebuah penelitian di King College London terhadap 15.000 keping gambar anak usia 4 tahun menemukan fakta bahwa anak-anak yang pandai melukis anak tersebut memiliki IQ yang tinggi.

4. Usia 5 Tahun - Berbohong, Mendongeng, dan Berimajinasi
Anak yang pandai berbohong sejak usia dini ternyata lebih cerdas. Ditambah lagi  jika anak anda memiliki imajinasi yang luas dan bisa mendongeng ternyata memiliki IQ yang tinggi.

5. Usia 6 Tahun - Bermain alat Musik
Hasil studi yang dilakukan oleh para peneliti di University of Vermont College of Medicine dengan melakukan scan otak terhadap 232 anak berusia 6-18 tahun ditemukan fakta bahwa anak yang bisa bermain alat musik di usia ini memiliki kecerdasan dan pengontrolan terhadap emosi serta rasa cemas.

6. Usia 7 Tahun - Bisa Membaca
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh University of Edinburgh berkerjasama dengan King's College London, anak yang bisa membaca di usia ini, baik itu membaca buku, dongeng, cerita, novel, dan kitab suci termasuk anak yang memiliki IQ tinggi.

7. Usia 8 Tahun - Tidur Terlalu Malam, Bangun Kesiangan
Tidur terlalu malam dan bangun kesiangan adalah salah satu tanda anak tersebut memiliki kecerdasan yang tinggi. kesimpulan tersebut berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh London School of Economics (LSE)

8.Usia 9 Tahun - Menyediakan Sarapan Sendiri
Jika dalam usia ini anak anda sudah bisa makan sarapan sendiri, merejuga memiliki IQ yang lebih tinggi dibanding anak-anak lainnya.  Hal tersebut dibuktikan dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Cardiff Inggris terhadap 5.000 anak yang mampu menyediakan sarapannya sendiri.

9. Usia 10 tahun - Senang Berbicara dan Suka Membuat Peraturan
jika dalam usia ini anak anda senang berbicara dan membuat  peraturannya sendiri saat bermain dengan temannya, sehingga banyak temannya yang tidak menyukai.

Pewarta : Sally A.
Pegiat Indikator Malang
Gambar : Tipsanakbayi.com